RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran
: Fisika
Materi
Pokok
: Keseimbangan Benda Tegar
Kelas/
Program
: XI / IPA
Semester
: 2 ( dua )
Waktu
: 8 x 45 menit
1.
Standar Kompetensi :
2.
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam
menyelesaikan masalah .
2.
Kompetensi Dasar :
2.1. Memformulasikan hubungan antara konsep torsi,
momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan Hukum II Newton serta
penerapannya dalam masalah benda tegar .
3.
Indikator :
1.
Memformulasikan
pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda
tersebut
2.
Mengungkap
analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.
Menggunakan konsep momen inersia
untuk berbagai bentuk benda tegar
4.
Memformulasikan
hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
5.
Menerapkan
konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
4.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat
memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak
rotasi benda tersebut
2.
Siswa dapat
mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.
Siswa dapat menggunakan konsep momen inersia
untuk berbagai bentuk benda tegar
4.
Siswa dapat memformulasikan
hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
5.
Siswa dapat
menerapkan konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari
5. Materi
Pembelajaran :
Keseimbangan benda
tegar dan titik berat
syarat keseimbangan partikel
keseimbangan sebuah titik yang mendapat pengaruh beberapa
gaya
pengertian benda tegar
syarat sebuah benda dalam keadaan seimbang
pengertian momen gaya , momen inersia , momen kopel
titik berat sebuah benda
Dinamika rotasi
pengertian keseimbangan translasi
pengertian keseimbangan rotasi
syarat sebuah benda dalam keadaan seimbang rotasi dan
translasi
keseimbangan sebuah benda tegar
jenis - jenis keseimbangan
6. Metode
Pembelajaran :
1. Diskusi informasi
2. Penugasan
3. Tes tertulis
7. Langkah – langkah
Pembelajaran :
1. Mendorong
benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen
gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas
2. Merumuskan
dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan
resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas
3. Melakukan
percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan secara berkelompok di
kelas/ laboratorium
4. Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan
dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas
5. Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut
dalam diskusi pemecahan masalah di kelas
8. Sumber / bahan /
alat :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: kertas karton, neraca, statif, dan media presentasi
9.
Penilaian dan Tindak Lanjut :
1. Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah,
kuis, ulangan harian.
2. Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 %
atau lebih
3. Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya kurang dari 75 %
4. Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya di atas 75 %
10. Sumber Bacaan :
v Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai
Pustaka.
Karanganyar,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar
Alim
Sukarno, S.Pd.
Santoso, S.Pd
NIP.
NIP. 500 132 898
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran
: Fisika
Materi
Pokok
: Fluida
Kelas/
Program
: XI / IPA
Semester
: 2 ( dua )
Waktu
: 8 x 45 menit
1.
Standar Kompetensi :
2.
Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam
menyelesaikan masalah .
2.
Kompetensi Dasar :
2.2. Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan
fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari .
3.
Indikator :
1. Memformulasikan hukum dasar fluida statik
2. Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika
sehari-hari
3. Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
4. Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika
sehari-hari
4.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memformulasikan hukum dasar fluida
statik
2. Siswa dapat menerapkan hukum dasar fluida statik pada
masalah fisika sehari-hari
3. Siswa dapat memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
4. Siswa dapat menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada
5. Materi
Pembelajaran :
Fluida static
· Pengertian
Hukum Archimides
· Penerapan
Hukum Archimides
· Azas
Bernoulli
· Penerapan
azas Bernoulli
Fluida dinamik
· Fluida
bergerak
· Persamaan
kontinuitas
6. Metode Pembelajaran :
4. Diskusi informasi
5. Penugasan
6. Tes tertulis
9. Langkah – langkah
Pembelajaran :
·
Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum
Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
·
Melakukan
percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida
·
Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis
dalam pemecahan masalah
·
Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum
Archimedes dan/atau hukum Pascall secara berkelompok
·
Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas
kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam
memecahkan masalah
·
Membuat alat peraga atau demonstrasi
penerapan asas Bernoulli secara berkelompok
10. Sumber / bahan / alat :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca, media presentasi
9.
Penilaian dan Tindak Lanjut :
1. Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah,
kuis, ulangan harian.
2. Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 %
atau lebih
3. Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya kurang dari 75 %
4. Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya di atas 75 %
10. Sumber Bacaan :
v Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai
Pustaka.
Karanganyar,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar
Alim
Sukarno, S.Pd.
Santoso, S.Pd
NIP.
NIP. 500 132 898
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran
: Fisika
Materi
Pokok
: Teori Kinetik Gas
Kelas/
Program
: XI / IPA
Semester
: 2 ( dua )
Waktu
: 8 x 45 menit
1.
Standar Kompetensi :
3. Menerapkan
konsep termodinamika dalam mesin kalor
2.
Kompetensi Dasar :
3.1. Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal
monoatomik .
3.
Indikator :
1.
Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan
fisika sehari-hari.
2.
Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses
isotermik, isokhorik, dan isobarik
4.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada
persoalan fisika sehari-hari.
2. Siswa dapat menerapkan persamaan umum gas ideal pada
proses isotermik, isokhorik, dan isobarik
5. Materi
Pembelajaran :
Teori kinetik gas
· Persamaan umum gas
Mole, molekul, massa molekul gas ideal,
m = M/NA
n = m/M
Persamaan gas ideal,
P.V/T = konstan
· Tekanan dan energi
kinetik gas
Hubungan antara tekanan gas dan energi kinetik partikel
P = 2/3 Ek ( N/V)
Hubungan antara suhu dan energi kinetik
Ek = 2/3 kT
Pengertian energi dalam gas ideal,
Pengertian derajat kebebasan,
6. Metode Pembelajaran :
1. Diskusi
informasi
2. Penugasan
3. Tes
tertulis
7. Langkah – langkah
Pembelajaran :
·
Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu,
kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas
· Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan
energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah
8. Sumber / bahan /
alat :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca, media presentasi
9.
Penilaian dan Tindak Lanjut :
1. Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah,
kuis, ulangan harian.
2. Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 %
atau lebih
3. Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya kurang dari 75 %
4. Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya di atas 75 %
10. Sumber Bacaan :
v Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai
Pustaka.
Karanganyar,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar
Alim
Sukarno, S.Pd.
Santoso, S.Pd
NIP.
NIP. 500 132 898
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran
: Fisika
Materi
Pokok
: Termodinamika
Kelas/
Program
: XI / IPA
Semester
: 2 ( dua )
Waktu
: 8 x 45 menit
1.
Standar Kompetensi :
3. Menerapkan
konsep termodinamika dalam mesin kalor
2.
Kompetensi Dasar :
3.2. Menganalisis perubahan keadaan gas ideal
dengan menerapkan hukum Termodinamika .
3.
Indikator :
1.
Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam
berdasarkan hukum utama termodinamika
2.
Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik
tekanan-volume (P-V)
3.
Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
4.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi
dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
2. Siswa dapat menganalisis proses gas ideal berdasarkan
grafik tekanan-volume (P-V)
3. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot
5. Materi
Pembelajaran :
Termodinamika
·
Hukum utama termodinamika
·
Mesin Carnot
6. Metode Pembelajaran :
4. Diskusi
informasi
5. Penugasan
6. Tes
tertulis
7. Langkah – langkah
Pembelajaran :
·
Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan
menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
·
Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik,
isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
·
Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien
performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah
8. Sumber / bahan /
alat :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca, media presentasi
9.
Penilaian dan Tindak Lanjut :
1. Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah,
kuis, ulangan harian.
2. Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 %
atau lebih
3. Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya kurang dari 75 %
4. Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat
pencapaiannya di atas 75 %
10. Sumber Bacaan :
v Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai
Pustaka.
Karanganyar,
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar
Alim
Sukarno, S.Pd.
Santoso, S.Pd
NIP.
NIP. 500 132 898
No comments:
Post a Comment