Daftar isi

Monday, 4 August 2014

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) .



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Fisika
Materi Pokok                 : Keseimbangan Benda Tegar
Kelas/ Program               : XI / IPA
Semester                         : 2 ( dua )
Waktu                            : 8 x 45 menit


1.     Standar Kompetensi  :
2.     Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah .
2.     Kompetensi Dasar  :
2.1. Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan Hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar .
3.     Indikator  :

1.      Memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
2.      Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.      Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
4.      Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
5.      Menerapkan  konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari


4.     Tujuan Pembelajaran  :
1.      Siswa dapat memformulasikan pengaruh torsi pada sebuah benda dalam kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut
2.      Siswa dapat mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
3.      Siswa dapat menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
4.      Siswa dapat memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
5.      Siswa dapat menerapkan  konsep titik berat benda dalam kehidupan sehari-hari

5.      Materi Pembelajaran  :
Keseimbangan benda tegar dan titik berat
syarat keseimbangan partikel
keseimbangan sebuah titik yang mendapat pengaruh beberapa gaya
pengertian benda tegar
syarat sebuah benda  dalam keadaan seimbang
pengertian momen gaya , momen inersia , momen kopel
titik berat sebuah benda
Dinamika rotasi
pengertian keseimbangan translasi
pengertian keseimbangan rotasi
syarat sebuah benda  dalam keadaan seimbang rotasi dan translasi
keseimbangan sebuah benda tegar
jenis - jenis keseimbangan

6.      Metode Pembelajaran  :
1.         Diskusi informasi
2.         Penugasan
3.         Tes tertulis


7.      Langkah – langkah Pembelajaran  :
1.      Mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk medefinisikan gaya dan momen gaya melalui kegiatan demonstrasi kelas
2.      Merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya dalam diskusi kelas
3.      Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan secara berkelompok di kelas/ laboratorium
4.      Merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah di kelas
5.      Merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum sudut dalam diskusi pemecahan masalah di kelas

8.      Sumber / bahan / alat  :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: kertas karton, neraca, statif, dan media presentasi

9.      Penilaian dan Tindak Lanjut :

1.  Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah, kuis, ulangan harian.
2.  Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 % atau lebih
3.  Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75 %
4.  Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya di atas 75 %

10. Sumber Bacaan  :
v  Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v  Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v  Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v  Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai Pustaka.


Karanganyar,

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar



Alim Sukarno, S.Pd.                                                                         Santoso, S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 500 132 898


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Fisika
Materi Pokok                 : Fluida
Kelas/ Program               : XI / IPA
Semester                         : 2 ( dua )
Waktu                            : 8 x 45 menit


1.     Standar Kompetensi  :
2.     Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah .
2.     Kompetensi Dasar  :
2.2. Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statis dan dinamis serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari .
3.     Indikator  :

1.      Memformulasikan hukum dasar  fluida statik
2.      Menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
3.      Memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
4.      Menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari


4.     Tujuan Pembelajaran  :
1.      Siswa dapat memformulasikan hukum dasar  fluida statik
2.      Siswa dapat menerapkan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari
3.      Siswa dapat memformulasikan hukum dasar fluida dinamik
4.      Siswa dapat menerapkan hukum dasar fluida dinamik pada

5.      Materi Pembelajaran  :
Fluida static
·         Pengertian Hukum Archimides
·         Penerapan Hukum Archimides
·         Azas Bernoulli
·         Penerapan azas Bernoulli
Fluida dinamik
·         Fluida bergerak
·         Persamaan kontinuitas
6.      Metode Pembelajaran  :
4.         Diskusi informasi
5.         Penugasan
6.         Tes tertulis
9.      Langkah – langkah Pembelajaran  :
·               Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
·               Melakukan percobaan tentang tegangan permukaan, kapilaritas, dan gesekan fluida
·               Mendiskusikan penerapan kosep dan prisip fluida statis dalam pemecahan masalah
·               Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan hukum Archimedes dan/atau hukum Pascall secara berkelompok
·               Mendiskusikan karakteristik fluida ideal, asas kontinuitas, dan asas Bernoulli dan penerapannya secara klasikal dalam memecahkan masalah
·               Membuat alat peraga atau demonstrasi penerapan asas Bernoulli secara berkelompok

10.  Sumber / bahan / alat  :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca,  media presentasi

9.      Penilaian dan Tindak Lanjut :

1.  Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah, kuis, ulangan harian.
2.  Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 % atau lebih
3.  Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75 %
4.  Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya di atas 75 %

10. Sumber Bacaan  :
v  Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v  Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v  Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v  Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai Pustaka.


Karanganyar,

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar



Alim Sukarno, S.Pd.                                                                         Santoso, S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 500 132 898



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Fisika
Materi Pokok                 : Teori Kinetik Gas
Kelas/ Program               : XI / IPA
Semester                         : 2 ( dua )
Waktu                            : 8 x 45 menit


1.     Standar Kompetensi  :
3.   Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor
2.     Kompetensi Dasar  :
3.1.   Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik .
3.     Indikator  :
1.      Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari.
2.      Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan isobarik

4.     Tujuan Pembelajaran  :
1.      Siswa dapat mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari.
2.      Siswa dapat menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermik, isokhorik, dan isobarik
5.      Materi Pembelajaran  :
Teori kinetik gas
·     Persamaan umum gas
Mole, molekul, massa molekul gas ideal,
m = M/NA
n = m/M
Persamaan gas ideal,
P.V/T = konstan
·   Tekanan dan energi kinetik gas
Hubungan antara tekanan gas dan energi kinetik partikel
P = 2/3 Ek ( N/V)
Hubungan antara suhu dan energi kinetik
Ek = 2/3 kT
Pengertian energi dalam gas ideal,
Pengertian derajat kebebasan,

6.      Metode Pembelajaran  :
1.      Diskusi informasi
2.      Penugasan
3.      Tes tertulis
7.      Langkah – langkah Pembelajaran  :
·         Merumuskan hubungan antara tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi kelas
·         Menerapkan konsep tekanan, volume, suhu, kecepatan, dan energi kinetik dalam diskusi pemecahan masalah

8.      Sumber / bahan / alat  :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca,  media presentasi

9.      Penilaian dan Tindak Lanjut :

1.  Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah, kuis, ulangan harian.
2.  Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 % atau lebih
3.  Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75 %
4.  Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya di atas 75 %

10. Sumber Bacaan  :
v  Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v  Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v  Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v  Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai Pustaka.



Karanganyar,

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar



Alim Sukarno, S.Pd.                                                                         Santoso, S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 500 132 898







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Fisika
Materi Pokok                 : Termodinamika
Kelas/ Program               : XI / IPA
Semester                         : 2 ( dua )
Waktu                            : 8 x 45 menit



1.     Standar Kompetensi  :
3.   Menerapkan  konsep termodinamika dalam mesin kalor
2.     Kompetensi Dasar  :
3.2.   Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum Termodinamika .
3.     Indikator  :
1.      Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
2.      Menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
3.      Mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot

4.     Tujuan Pembelajaran  :
1.      Siswa dapat mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
2.      Siswa dapat menganalisis proses gas ideal berdasarkan grafik tekanan-volume (P-V)
3.      Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja mesin Carnot

5.      Materi Pembelajaran  :
Termodinamika
·         Hukum utama termodinamika
·         Mesin Carnot

6.      Metode Pembelajaran  :
4.      Diskusi informasi
5.      Penugasan
6.      Tes tertulis

7.      Langkah – langkah Pembelajaran  :
·         Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
·         Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
·         Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah

8.      Sumber / bahan / alat  :
Sumber: Buku Fisika yang relevan
Bahan: lembar kerja, hasil kerja siswa, bahan presentasi
Alat: hidrometer, gelas ukur, neraca,  media presentasi

9.      Penilaian dan Tindak Lanjut :

1.  Tugas individu, tugas kelompok, tes lisan, tugas rumah, kuis, ulangan harian.
2.  Siswa dikatakan berhasil jika tingkat pencapaiannya 75 % atau lebih
3.  Memberi program remidi untuk siswa yang tingkat pencapaiannya kurang dari 75 %
4.  Memberi program pengayaan untuk siswa yang tingkat pencapaiannya di atas 75 %

10. Sumber Bacaan  :
v  Yohanes Surya (1997), Olympiade Fisika, Jakarta : Galaxy.
v  Bob Foster (1999), Fisika Jilid I, Jakarta : Erlangga.
v  Marthen Kanginan, Fisika I. Jakarta : Erlangga.
v  Supono, dkk (1976). Energi Gelombang Medan I. Jakarta : Balai Pustaka.




Karanganyar,

Mengetahui,                                                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar



Alim Sukarno, S.Pd.                                                                         Santoso, S.Pd
NIP.                                                                                                    NIP. 500 132 898










No comments:

Post a Comment

Labels