Daftar isi

Saturday 9 March 2013

Peranan virus Dalam Kehidupan Manusia

     Pada umumnya virus bersifat merugikan. Virus dapat menginfeksi tumbuhan, hewan, dan manusia sehingga menimbulkan penyakit
1). Penyakit pada Tumbuhan yang Disebabkan oleh virus
         Sesungguhanya virus sulit untuk menginfeksi sel tumbuhan karena sel tumbuhan dilindungi oleh dinding sel. Akan tetapi, jika ada bagian tumbuhan yang rusak, maka virus dapat mnginfeksi dan menimbulkan penyakit pada tumbuhan. Penyakit ini akan menyebar ke tumbuhan lain melalui perantara serangga pemakan tumbuhan.
         gejala penyakit tumbuhan yang disebabkan virus antara lain ukuran tanaman menjadi lebih kurus dan kerdil, timbul bintik atau bercak pada daun,bunga, atau buah, dan hasil panen berkurang.
          berikut ini adalah beberapa penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh virus.
a. Mosaik, penyakit yang menyebabkan bercak kining pada daun tumbuhan tembakau, kacang, kedelai, tomat, kentang, dan beberapa jenis labu. Penyakit ini disebabkan oleh tobacco mosaic virus (TMV).
b. Penyakit kuning pada cabai dan tomat yang disebabkan oleh Begomovirus (bean golden mosaic virus).
c. daun menggulung, terjadi pada tembakau, kapas, dan lobak ang diserang turnip yellow mosaic virus (TYMV).
2).Penyakit pada manusia yang Disebabkan oleh virus
a. influenza
     Penyebab influenza adalah virus golongan orthomyxovirus yang berbentuk seperti bola
virus influenza ditularkan lewat udara dan masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. virus influenza umumnya menyerang sistem pernapasan
     Berdasarkan komposisi proteinnya, virus influenza dibagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe A, B dan C. Tipe A dan C dapat menginfeksi manusia dan hewan,sedangkan tipe B hahnya menginfeksi manusia.
b. Flu burung
     flu brung pertama kali ideteksi di hongkong pada tahun 197, kemudahan kembali merrebak di akhir tahun 2003. Hingga Februari 2004, flu burung telah menyebar ke 10 negara asia. Indonesia termasuk diantaranya dan memiliki jumlah kasus terbanyak dan persentasi kematian yang masih tinggi.
      flu brung atau avian influenza adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang biasanya menjangkiti unggas dan mamalia
c. Campak
     campak disebabkan oleh virus paramyxovirus . gejala campak adalah demam tinggi, batuk, dan rasa nyeri di seluruh tubuh.
d.Cacar air dan Herpes Zoster
     Cacar air dan herpes Zoster disebabkan oleh virus yang sama yaitu varicella zoster virus (VCV) . virus ini dapat berlangsung menyebabkan penyakit atau dapat menetap selama bebrapa tahun, baru kemudian menimbulkan penyakit.
e. Hepatitis
      disebabkan oleh virus hepatitis. Beberapa virus hepatitis yang telah dikenali adalah hepatitis A, ,B , C, D, dan E.
f. Polio
    disebabkan oleh virus polio. serangan virus polio menyebabkan lumpuh jika virus menginfeksi selaput otak ( meninges) dan sumsum tulanga belakang.
g. gondong
     Penyakit gondong disebabkan oleh golongan Paramyxovirus. Virus ini hanya memiliki RNA. Paramyxovirus dapat tumbuh jaringan otak selput otak, pankreas, testis glandula parotid, dan kadang di hati.
h. AIDS (acquired immunodeeficiuncy syndrome) adalah penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV (human immunodeficiency virus).
3). Penyakit pada Hewan yang Disebabkan oleh Virus
     Jenis virus yang menyebabkan penyakit pada hewan, antara lain :
a. Polyoma, penyebab tumor pada hewan
b. Adenovirus, penyebab tumor pada hewan tertentu.
c. Rhabdovirus, penyebab rabies.
d, Retrovirus misalnya, HIV.
e. Avian Influenza A (H5N1 ), penyebab penyakit flu burung yang menyerang unggas dan mamalia 

No comments:

Post a Comment

Labels