Daftar isi

Sunday 10 March 2013

Menembus Blokade Ekonomi Belanda

Pemerintah Republik Indonesia berusaha untuk menembus blokade ekonomi musuh dengan cara mematahkan isolasi ekonomi. Untuk itu, Pemerintah Republik Indonesia menempuh Usaha-usaha berikut.
a. Usaha yang bersifat politis
Pemerintah republik Indonesia bersedia membantu India yang sedang ditimpa kelaparan dengan mengirim 500.00 ton beras. Sebagai imbalannya, pemerintah India menjanjikan mengirimkan pakaian yang sangat dibutuhkan oelh rakyat indonesia. Usaha pemerintah indonesia dalam bidang politik ini ternyata berhasil dengan baik. India menjadi negara Asia yang paling aktif membantu indonesia dalam perjuangan diplomatik di forum-forum internasional.
b. Usaha bersifat ekonomis
 Pemerintah mengadakan hubungan dagang langsung dengan pihak luar negeri. Usaha itu dirintis oelh Banking and trading Corporation (BTC) atau Perseroan Bank dan perdagangan merupakan usaha perdagangan swasta yang membantu usaha ekonomiPemerintah. BTC berhasil mengadakan kontak dengan pengusaha swasta Amerika Serikat (Isbrantsen Inc). dalam transaksi pertama, Amaerika Serikat bersedia membeli barang-barang ekspor Indonesia seperti gula, teh karet dan lain-lain. Kapal yang pertama masuk ke wilayah Indonesia menuju pelabuhan Cirebon bernama Martin Bherman yang mengankut barang-barang pesanan BTC dan juga akan memuat barang-barang ekspor Indonesia. Tetapi kapal itu dicegat oelh angkatan Belanda dan diarak ke pelabuhan Tanjung Priu. Barang-barang muatannya disita. Pemerintah Indonesia berusaha untuk dapat menembusnya melalu sumatera.


          Tujuan utamanya adalah SIngapura dan Malaysia. Isaha ini dilakukan dengan perahu layar dan kapal motor cepat.Pelaksanaan penembusan blokade dilakukan oleh angkatan lain Republik Indonesia dengan bantuan dari pemerintahan daerah penghasil barang-barang ekspor . Sejaktahun1947, Indonesia offcie (inodff). Secara resmi Indoff memperjuangkan kepentingan politik luar negeri Indonesia. Akan tetapi, secara rahasia Indoff mengendalikan penembusan blokade Belanda dan usaha perdagangan barter 
         Disamping Indoff,Kementrian Pertahanan juga membentuk Kementrian Pertahanan Usaha LUar Negeri (KPULN). Tugas pokok badan ini adalah untuk membeli senjata dan perlingkapan angkatan perang serta usaha untuk memasukkan ke Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Labels