Daftar isi

Wednesday 20 March 2013

Kekuatan Negara-negara Adikuasa

      Perang dunia II berakhir dengan kemenangan pihak sekutu yang terdiri dari inggris, perancis, uni sovyet, dan Amerika Serikat. Kemenangan yang diraih oleh pihak sekutu itu tidak terlepas dari peran Amerika Serikat. Pasukan Sekutu yang mendapat bantuan tentara, perlengkapan, dan persenjataan dari Amerika Serikat menganggap bahwa
peran Amerika Serikat sangat menentukan dalam kemenangan yang diraih oleh pihak sekutu. Dimedan perang Asia-Pasifik pengeboman terhadap Hiroshima (6 Agustus 1945 ) dan nagasaki (9 Agustus 1945) jelas mempercepat menyerahnya Jepang kepada pihak sekutu.
     Di medan perang Eropa, pasukan Amerika Serikat bersama pasukan inggris dan Perancis berhasil mendesak pertahanan Jerman dan Italia serta memaksa kedua negara tersebut menyerah kepada pihak Sekutu. Pasca perang, peran Amerika Serikat sangat besar dalam memberikan bantuan kepada negara-negara Eropa Barat untuk membangun kembali perekonomiannya.
    
     Uni Sovyet juga turut berperan terhadap kemenangan pasukan Sekutu, yaitu dengan melakukan pembebasan Eropa bagian timur dari tangan Jerman. sambil membebaskan Eropa bagian timur dari tangan Jerman, Uni Sovyet juga mempergunakan kesempatan untuk meluaskan pengaruhnya, dengan cara mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagai negara Eropa TImur seperti Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania, Polandia, dan Cekoslowakia, sehingga negara-negara tersebut masuk ke dalam pengaruh pemerintahan komunis Unis Sovyet.

     Berakhirnya Perang dunia II telah mengubah perkembangan politik dunia. Amerika Serikat dan Uni Sovyet sebagai negara pemenang muncul menjadi kekuatan raksasa. Dua negara tersebut memiliki perbedaan ideologi, yaitu Amerika Serikat memiliki ideologi liberal-kapitalis, sedangkan Rusia berideologi komunis.

     Untuk mengimbangi kekuatan NATO, pada tahun 1955 Uni Sovyet mendirika suatu pakta pertahanan yang diberi nama Pakta warsaw. Anggota Pakta Warsawa terdiri dari negara-negara Uni SOvyet, Albania, bulgaria, Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania.

     Berdirinya pakta pertahanan yang berada dibawah pengaruh kedua negara besar, telah mengakibatkan timbulnya rasa saling curiga dan perlombaan di bidang persenjataan di antara kedua belah pihak. Masing-masing pihak saling diliputi oeh suasana perang dingin.

No comments:

Post a Comment

Labels