Daftar isi

Monday 3 October 2011

PROGRAM PENGAJARAN ( KURIKULUM )


PROGRAM  PENGAJARAN ( KURIKULUM )

Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Isi kurikulum merupakan susunan bahan kajian dan pelajaran untuk mencapai tujuan. Adapun kurikulum yang digunakan di SD H. Isriati Baiturrahman Semarang adalah kurikulum terpadu (Integrated Curriculum) antara Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional KTSP, Kurikulum Departemen Agama, Kurikulum Lokal dan Kurikulum Sekolah.
A.    PROGRAM PENGAJARAN REGULER
Program pengajaran umum mengacu pada kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama.
1.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar diarahkan kepada terwujudnya proses belajar tuntas (mastery learning). Sedangkan strategi pembelajaran diarahkan untuk dapat memacu siswa aktif dan kreatif sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan masing-masing dengan memperhatikan keselarasan dan keseimbangan antara :
1.1.      Dimensi Tujuan Pembelajaran
Menghasilkan sosok pribadi siswa yang berkualitas seimbang fisik-jasmaniahnya maupun mental-rohaniahnya.
1.2.      Dimensi Pengembangan Kreativitas dan Disiplin
Kreativitas perlu dikembangkan melalui penciptaan situasi pembalajaran yang kon dusif, dimana guru mendorong vitalitas keingintahuan siswa untuk mencipta dan memberi fungsi baru terhadap sesuatu yang ada, siswa diberi kesempatan untuk melakukan berbagai eksperimen.
Siswa dituntut belajar disiplin melalui proses belajar yang kondusif dengan penanaman sikap dan kebiasaan-kebiasaan yang baik.
1.3.      Dimensi Pengembangan Persaingan dan Kerjasama
Dalam kegiatan belajar mengajar siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugas secara kompetitif, diberikan penghargaan kepada yang berprestasi.
Sedangkan untuk melatih kerja sama siswa diberikan tugas secara kelompok, diskusi kelompok, praktikum social, latihan berorganisasi dan kepemimpinan.

No comments:

Post a Comment

Labels