Daftar isi

Tuesday 5 August 2014

PROSES PEMBENTUKAN URINE



Proses pembentukan urine dilalui dari penyaringan darah hingga terbentuk urine meliputi Tahap-tahap pembentukan urine ialah penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorpsi), dan pengumpulan(augmentasi). 


1). Penyaringan (filtrasi) 
Proses pembentukan urine itu terjadi didaaerah yang banyak mengandung zat sisa metabolisme masuk ke dalam ginjal melalu pembuluh arteri ginjal ( arteri renalis). cairan tubuh keluar dari pembuluh arteri dan masuk ke dalam badan Malpighi. Membran glomerulus dan kapsul Browman bersifat permeabel terhadap air dan zat terlarut berukuran kecil sehingga dapat menyaring molekul-molekul besar. Hasilnya saringan (filtrat) dari glomerulus dan kapsul Browan disebut filtrat glomerulus atau urine primer. Dalam Urine primer masih terdapat air, glukosa, asam amino, dan garam mineral.

2). Penyerapan Kembali (Reabsopsi) 
Proses pembentukan urine terjadi pula di Tahap Reabsoprsi terjadi di tubulus kontortus proksimal. Hampir emua gula, vitamin, asam amino, ion dan air diserap kembali. zat-zat masih bergna tadi dimasukkan kembali ke dalam pembuluh darah yang terdapat di sekitar tubulus. Hasilnya reabsorpsi berupa filtrat tubulus urine atau urine sekunder. Urine sekunder mengandung air, garam urea, dan pigmen empedu yang memberi warna dan bau pada urine.

3). Augmentasi
Di tubulus kontortus distal, beberap zatsisa seperti asam urat, ion hidrogen, amonia, kreatin, dan beberapa obat ditambahkan ke dalam urine sekunder sehingga 5tubuh terbebas dari zat-zat berbahaya. Urine sekunder telah ditambahkan dengan berbagai zat disebut urine. Kemudian, urine disalurkan melalui tubulu skolektivus ke rongga ginjal. Dari rongga ginal,urin menuju kekantung kemih melalui saluran ginjal (ureter).
Jika kantung kemih telah penuh dengan urine, kantong kemih akan tertekan. kemudian dinding otot kantong kemih meregang sehingga timbul rasa ingin buang air kecil. Selanjutnya, urine keluar melalui saluran kencing (uretra).

No comments:

Post a Comment

Labels