Daftar isi

Saturday 2 August 2014

Fungsi Zat Makanan Bagi tubuh


Fungsi zat makanan yaitu : 

http://sosilitasworld.blogspot.com/2014/08/fungsi-zat-makanan-bagi-tubuh.html
1. Sebagai sumber energi dan tenaga
2. zat makanan dapat menyokong pertumbuhan badan dan memelihara jaringan tubuh.
3. Zat makanan dapat memperbaiki atau
mengganti sel-sel tubuh yang rusak
4. Mengatur metabolisme dan keseimbangan unsur-unsur penyusun tubuh.
5. Zat makanan berperan di dalam mekanisme kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit.
6. Penjaga keseimbangan cairan tubuh.
7.Pertahanan tubuh terhadap penyakit.
8. Penghasil energi

                                                      Makanan yang baik bagi tubuh 

Beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak antara lain sebagai berikut.

1. Kafein agar tetap waspada 
tidak ada obat untuk meningkatkan IQ atau membuat jadi lebih pintar, tetapi zat tertentu dapat memberikan energi dan membantu tetap fokus dan berkonsentrasi.

2. Gula  meningkatkan kewaspadaan 
Gula adalah bahan bakar otak. segelah minuman manis dapat meningkatkan daya ingat, proses berfikir, dan kemampuan mental untuk jangka pendek. Namun, jika mengkinsumsiterlalu banya, dapat mengganggu daya ingat

3. sarapan untuk bahan bakar otak 
sarapan yang sangat bermanfaat untuk otak meliputi makanan kayak serat, biji-bijian,susu, dan buah-buahan. Namun jangan makan sarapan berlebihanl. Sarapan berkalori tiggi justru dapat menghambat konsentrasi.

4. Ikan, nutrisi otak sebenarnya 
sumber protein yang bermanfaat meningkatkan kinerja otak adalah ikan, terutama yang kata asam lemak omega 3 yang pentihng untuk berfungsi dan membangun otak. Lemak sehat ini sangat luar biasa untuk meningkatkan daya otak.

5. Kacang dan cokelat 
Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber antioksidan dan vitamin E yang mampu mengurangi efek menurunnya fungsi otak karena pertambahan usia.

6. Alpukat dan biji-bijian utuh 
Makan alpukatdapat mengurangi resiko penyakit jantung dan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat.

7.Blueberry 
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan dapat mengurangi efek penuaan seperti penyakit alzhiemer atau pikun

8.Makanan sehat 
Makanan yang tidak mengandung nutrisi penting dapat menurunkan kemampuan konsentrasi. Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat mengganggu kemampuan pikiran untuk fokus.

9.Vitamin, mineral dan suplemen 
Para ilmuwan lebih optimistis mengenai efek gingseng, ginkgo, dan vitamin, mineral, dan kombinasi herbal terhadap fungsi otak.



Makanan bergizi adalahg makanan yang mengandungzat-zat dibutuhkan oleh tubuh . zat-zat tersebut meliputi Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. setiap zat memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber tenaga. Protein berfungsi sebagai zat pembangun dan pengganti sel tubuh yang rusak. Air, Mineral, dan vitamin berfungsi sebagai zat pengatur. Berikut Penjelasannya.

a. Karbohidrat  

Karbohidrat merupakan senyawa karbon, karena banyak mengandung unsur karvon, di samping unsur-unsur hidrogen dan oksigen. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4,0-4,1 kilokalori. Satu kilokalori sama dengan 4,2 kilojoule, sehingga 1 gram karbohidrat menghasilkan sekitar 16,8 sampai 17,2 kilojoule.

Fungsi energi dalam Karbohidrat
1. untuk bergerak
2. Tumbuh
3. Mempertahankan suhu tubuh
4 Dan berkembang biak

Kelebihan karbohidrat akan disimpan dalam bentuk lemak didaerah perut, di sekliling ginjal, jantung, atau dibawah kulit yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Karbohidrat terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu sebagai berikut.
1). Monosakarida merupakan karbohidrat paling sederhana karena molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom c dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa. Contoh dari aldosa aitu glukosa dan galaktosa. Contoh ketosa yaitu Fruktosa.
2). Disakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang berikatan melalu gugus -OH dengan melepaskan molekul air. Contoh dari disakarida adalah sukrosam laktosa, dan maltosa.
3). Polisakarida merupakan karbohidrat yang terbentuk dari banyak sakarida sebagai monomernya. Rumus umum polisakarida yaitu C6 ( H10 O5)n. Contoh polisakarida adalah selulosa, glikogen, dan amilun.

b. Protein 
  protein merupakan zat makanan yang berfungsi sebagai pembangunan tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam penggantian bagian tubuh yang rusak dan membentuk zat kekebala tubuh. Protein terdiri dari dua macam, yaitu protein nabati dan protein hewani. Sumber protein nabatai antaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan, dan jamur. Adapun sumer protein hewani adalah daging, ikan, telur, dan susu.
Protein hewani mengandung asam amino lebih lengkap dari pada protein nabati. Asam amino adalah senyawa penyusun protein.

Protein yangk ita makan dicerna menjadi asam amino. Didalam tubuh, sam amino tersebut diubah kembali menjadi protein sesuai dengan kebutuhan tubuh. Protein berfungsi untuk pertumbuhan, mengganti sel yang rusak atau mati, dan mengatur proses dalam tubuh. Kekurangan protein menyebabkan pertumbuhan terhambat dan mudah terkena infeksi. Didlam sel tubuh, protein juga dapat diubah menjadi energi. Setiap satu gram protein menghasilkan 4 kilokalori.
  
Fungsi Protein

Fungsi protein. Protein selain berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh, protein juga berfungsi sebagai penyokong berbagai aktifitas organ tubuh dan metabolisme. Fungsi protein bagi tubuh banyak sekali, berikut adalah beberapa fungsi protein :

     A)  Setiap gram dalam protein dapat menghasilkan 4,1 kalori, yang cocok sebagai sumber energi.
     B) Mengatur metabolisme tubuh.
     C) Protein dapat sebagai asupan energi utama untuk yang sedang diet rendah gula.
     D) Menjaga keseimbangan antara asam basa dan keseimbangan cairan dalam tubuh.
     E)  Protein berperan penting dalam menjaga stabilitas pH cairan tubuh.
     F)  Protein merupakan bahan dalam sintesis substansi seperti halnya hormon, zat antibodi,dan organel sel lainnya
    G)  Protein membantu proses pertumbuhan pada anak-anak dan remaja karena sel-sel tubuh mendapat cukup asupan zat pembangun.
    H) Membantu kerja tubuh dalam menetralkan atau menghancurkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.


c. Lemak 
Lemak merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur C, H, dan O. bahan makanan yang mengandung banyak lemak antara lain sebagai berikut.
1). Lemak hewani, misalnya keju, daging, susu, dan ikan basah.
2). lemak nabati, misalnya kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan buah alpukat.
Fungsi dari lemak antara lain sebagai berikut.
1). Sumber energi (1 gram lemak sama dengan 9 kilo kalori).
2). Pelarut vitamin A, D, E dan K.
3). Pelindung organ-organ tubuh yang penting, sebagai bantalan lemak
4). Pelindung tubuh dari suhu yang rendah.

d. Vitamin
Metabolisme  tubuh adalah proses pembentukan dan pembongkaran za yang berlangsung didalam tubuh. Reaksi-reaksi tersebut berjalan lancar jika ada vitamin. akan tetapi tubuh kita tidak mampu membuat vitamin. Oleh karena itu, makanan yang kita makan harus mengandung vitamin yang cukup.
Vitamin dapat dikelompokkan menjadi kelompok vitamin yang larut dalam air dari vitamin yang larut dalam lemak. vitamin yang dalam lemak adalah A, D,E, dan K. Vitamin yang larut didalam air adalah vitamin B dan C. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan penyakit kekurangan vitamin disebut avitaminosis.

e. Mineral 
Mineral merupakan zat pengatur tubuh. Mineral diperlukan oleh tubuh oleh tubuh dalam jumlah sedikit. walaupun tubu hanya membutuhkan sedikit, kita harus tetap memenuhinya. Jika tubuh kekurangan mineral, kesehatan akan terganggu. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sebagai berikut.
 1). fosfor berfungsi untuk pembentukan dan gigi serta mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh terdapat pada daging, ikan dan telur.
2). yodium berfungsi untuk perkembangan kecerdasan. Terdapat pada makanan yang merupakan hasil laut dan garam beryodium. Kekurangan yodium menyebabkan penyakit gondok.
3). kasium (Ca) berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Terdapat pada susu, telur dan buah-buahan.
4). zat besi berfungsi untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Terdapat pada susu, hati, kuning telur dan sayuran berwarna hijau
5). Fluorin berfungsi untuk memeprkuat gigi. Terdapat pada kuningtelur, otak dan susu
6). Kalium berfungsi untuk memengaruhi kerja otot jantung. Terdapat pada kacang-kacangan, hati danikan dan kerang.
7. Natrium berfungsi mengatur kelancaran kerja otot terutama otot jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Terdapat pada ikan, pisang kentang dan sayuran hijau.

f. Air 
Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh. Air berfungsi sebagai berikut.
1). Pelarut senyawa-senyawa lainnya.
2). Mengangkut zat lain dari sel kesel atau dari jaringan kejaringan lainnya.
3). Menjaga stabilitas suhu tubuh. 

 



























No comments:

Post a Comment

Labels