Daftar isi

Tuesday 5 August 2014

SEJARAH PERKEMBANGAN KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA


                          Perkembangan Hindu dan Buddha di India membawa, akibat dan pengaruh yang luar  biasa pada kehidupan internasional, khususnya Asia Selatan dan Tengah (Tibet, Nepal, Bangladesh, Sri Lanka), Asia Timur (Jepang, Cina, Korea, Taiwan), dan Asia Tenggara. Indonesia merupakan daerah yang terpengaruh oleh agama dan budaya Hindu-Buddha. Pengaruh agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia zaman dahulu begitu kental dan hingga kini masih terasa. Hal mi terlihat dan berbagai macam peninggalan bersejarah bercorak Hindu-Buddha. Pengaruh Hindu dapat kita lihat di Bali, di mana sebagian besar masyarakatnya pemeluk Hindu. Pengaruh Buddha dapat terlihat pada kemegahan Candi Borobudur di Jawa Tengah. Pada bab mi kalian akan mempelajari proses masuknya peadaban Hindu dan Buddha ke Indonesia.

                          sejarah perkembangan kerajaan- kerajaan hindu-budha di indonesia disini Kalian akan melihat pengaruh Hindu-Buddha terhadap kehidupan agama dan kebu dayaan masyarakat Indonesia. Dan sinilah masyarakat lndonesia memasuki babak sejarah, ditandai dengan pengenalan terhadap sistem tulis. Kalian akan mengetahui, kebudayaan Hindu-Buddha berpengaruh besar terhadap perkembangan bahasa, sastra, arsitektur (candi, keraton), serta seni rupa (relief, patung, makara).

BAGIAN-BAGIAN PENJELASAN DARI SEJARAH PERKEMBANGAN KERAjAAN-KERAjAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA, BERIKUT SELENGKAPNYA :

A. (KLIK)  => PROSES MASUK DAN MENYEBARNYA AGAMA HINDU-BUDDHA DI INDONESIA

B. (KLIK) => BUKTI.BUKTI PROSES INDIANISASI DI INDONESIA

C. (KLIK) =>  PENGARUH HINDU-BUDDHA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA

Dafatar pustaka    : Sejarah sekolah menengah atas dan madrasah aliyah program IPS jilid 2 kelas XI, penyusun Triyono Suwito. jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen pendidikan nasional,2009.
 

No comments:

Post a Comment

Labels