Daftar isi

Sunday 3 August 2014

Pengertian Sosialisasi

Dalam kehidupan bermasyrakat, tidak jarang kita mendengar dan bahkan mengucapkan kata sosialisasi.Istilah sosialisasi dapat mengandung makna pergaulan. Dalam Pergaulan sehari-hari dipelajari berbagai hal termasuk nilai, norma, dan pola-pola perilaku yang ada dalam kelompok masyarakat, baik secara individu ataupun secara kelompok. Lambat laun nilai-nilai da norma yang ada dapat diserap menjadibagian dari kepribadian (individu serta kelompok).

Sebagaimana pernah diungkapkan pada semester pertama lalu, manusia tercipta sebagai makhluk pribadi sekaligus juga sebagai makhluk pribai, manusia berjuang untuk memenuhi kebutuhannya untuk bertahan hidup. Dalam memenuhi kebutuhannya tersebut manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia memerlukan orang lain untuk mencapai tujuannya. Itulah sebabnya. manusia berinteraksi dengan Manusia lainnya sebagai makhluk sosial.

Definisi sosialisasi

Beberapa ahli ilmu sosial telah merumuskan pandangan mereka tentang sosialisasi da beberapa pandangan para ahli yaitu:

a. Charlotte buhler, Mengatakan bahwa
sosialisasi sebagaiproses yang membantu individu-individu belajar dan menyesuaikan diri terhadap bagaimana cara hidup dan bagaimana cara berpikir kelomponya, agar ia dapat berperan dan berungsi dalam kelompoknya.
b. Koentjaraningrat, memahami sosialisasi sebagai seluruh proses dimana seorang individu sejak masa kana-kanan sampai dewasa, berkembang, bberhubungan, mengenal dan menyusaikan diri dengan individu-individu lain yang hidup dalam masyarakat sektiarnya.
c. Irvin L. Child, mengatakan bahwa sosialisasi merupakan segenap proses yang menuntut indiviu mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang diyakini sebenarnya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya.
d. Peter Berger, Mengemukakan bahwa sosialisasi adalah proses dimana seorang anak belajar menjadi seorang anggota yang berpartisipasi dalam masyarakat.

Dari beberapa definisi para ahli , dapat kita simpulkan bahwa Pengertian Sosialisasi ialah membuat seseorang menjadi tahu dan memahami sebagaimana bersikap dan bertingkah laku di lingkungan masyarakatnya, Melalui proses ini, seseorang akan mengetahui dan menjalankan hak-hak dan kewajibannya berdarkan peranan-peranan yang dimilikinya. Dengan adanya proses sosialisasi ini,seseorang dapat berhubungan dengan oranglain. 

No comments:

Post a Comment

Labels