Daftar isi

Monday 4 August 2014

Penjelasan Proses Terjadinya petir dan Cara kerja petir


Cara Kerja Petir

a. Proses Ionisasi

Petir terjadi diakibatkan terkumpulnya ion bebas bermuatan negatif dan positif di awan, ion listrik dihasilkan oleh gesekan antar awan dan juga kejadian Ionisasi ini disebabkan oleh perubahan bentuk air mulai dari cair menjadi gas atau sebaliknya, bahkan padat (es) menjadi cair.
Ion bebas menempati permukaan awan dan bergerak mengikuti angin yang berhembus, bila
awan-awan terkumpul di suatu tempat maka awan bermuatan akan memiliki beda potensial yang cukup untuk menyambar permukaan bumi maka inilah yang disebut petir.

b.Gesekan antar awan


Pada awalnya awan bergerak mengikuti arah angin, selama proses bergeraknya awan ini maka saling bergesekan satu dengan yang lainya, dari proses ini terlahir elektron-elektron bebas yang memenuhi permukaan awan. proses ini bisa digambarkan secara sederhana pada sebuah penggaris plastik yang digosokkan pada rambut. Maka penggaris ini akan mampu menarik potongan kertas.
Pada suatu saat awan ini akan terkumpul di sebuah kawasan, saat inilah petir dimungkinkan terjadi karena electron-elektron bebas ini saling menguatkan satu dengan lainnya. Sehingga memiliki cukup beda potensial untuk menyambar permukaan bumi.


Prinsip kerja elektroskop
· Elektroskop netral didekati benda bermuatan listrik negatif.
Kepala elektroskop bermuatan positif karena elektron-elektron dari kepala elektroskop ditolak oleh benda menuju ke plat logam dan daun/ foil, plat dan daun menjadi bermuatan negatif sehingga daun mekar.
· Elektroskop netral didekati benda bermuatan listrik positif
Kepala elektroskop akan bermuatan negatif karena elektron-elektronnya ditarik oleh benda pindah ke kepala elektroskop, plat dan daun menjadi bermuatan positif sehingga daun mekar.

Elektroskop netral bisa menjadi bermuatan listrik dengan cara induksi. Muatan listrik yang diperoleh dengan cara induksi listrik akan berbeda jenis dengan muatan listrik benda yang digunakan untuk menginduksi.
Untuk menentukan jenis muatan listrik suatu benda harus menggunakan elektroskop yang telah bermuatan listrik dan diketahui jenis muatannya. Jika benda yang didekatkan pada elektroskop berakibat daun lebih mekar maka benda tersebut bermuatan sejenis dengan muatan listrik elektroskop. Sebaliknya jika lebih kuncup berati benda yang didekatkan bermuatan tidak sejenis dengan muatan elektroskop.

No comments:

Post a Comment

Labels