Daftar isi

Sunday 3 August 2014

Tujuan Sosialisasi

Setelah memahami pengertian dan definis sosialisasi, kita dapat mengidentifikasi apa yang menjadi tujuan proses ini. Beberapa tujuan yang dapat dirumuskan dari proses sosialisasidiantaranya.

a Melalui proses sosialisasi dapatmemberikan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan seseorang untuk melangsungkan kehidupan seseorang kelak di tengah-tengah masyarakat dimana dia akan menjadi salah satu anggotanya. Artinya melalui sosialisasi, seseorang indiviu akan
menjadi megerti dengan bekal yang ia miliki untuk berperan dalam masyarakat.
b. Dengan adanya proses sosialisasi, ditemukan adanya upaya untuk menanamkan kepada seseprang nilai-nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada masyarakat. Sebenarnya proses sosialisasi ini merupakansebuah proses untuk menlarkan nilai dan norma yang menjadi kepercayaan pokok masyarakat.
c. Mengembangkan kemampuan seseorang mengendalikan fungsi-fungsi organik melalui latihan-latihanmawasdiri yang tepat, merupakan tujuan berikutnya dari sosialisasi artinya adanya proses soasialisasi ini, seorang individu dapat memahamihal-hal yang baik dan dianjurkan dalam masyarakat untuk dilakukan.
d. proses sosialisasidapat mengembangkan kemampuan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien serta mengembangkan kemampuanny untuk membaca, menulis dan bercerita.

No comments:

Post a Comment

Labels