Daftar isi

Sunday 3 August 2014

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Teks proklamasi kemerdekaan indonesia itu merupakan pernyataan untuk merdeka atau membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan bangsa lain atas bangsa dan negara Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia merupkan jembatan emas yang menghubungkan dan menghantarkan bangsa indonesia dalam mencapai masyarakat baru, yaitu kehidupan yang bebas tanpa tekanan dan ikatan. proklamasi adalah seruan yang bersifat legal (berdasarkan hukum ) dan resmi. Dengan pernyataan itu, bangsa Indonesia terbebasdari segala bentuk penjajahan bangsa lain.

Proklamasi kemerdekaan indonesia merupakan titik puncak perjuangan pergerakan bangsa indonesia yang telah dapat menghantarkannya ke pintu gerbang kebebasan. Hari kebebasan itu telah ditunggu-tunggu sejak bertahun-tahun lamanya dengan penuh kesadaraan melalui berbagai macam bentuk gerakan di daerah-daerah maupun gerakan yang besrsifat nasional (sejak tahun 1908). Proklamasi kemerdekaan Indonesia bukan merupakan
titik akhir perjuangan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terus berjuang untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah dicapainya itu.

Pada awal Negara Republik Indonesia berdiri, kehidupan bangsa Indonesia belum stabil. Bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya masih mengalami kekurangan di sana-sini. Pernyataan Kemerdekaan Indonesia belum berarti kehidupan bangsa Indonesia berubah secara drastis. Proklamasi hanyalah merupakan titik awal untuk mengantar rakyat indonesia ke pintu gerbang menuju kemajuan dan kesejahteraan sosial. Dalam pengertian ini, Proklamasi kemerdekaan mempunyai dua makna penting, yakni :

a). Bangsa indonesia dengan tekad yang bulat dan percaya pada kekuatan sendiri telah menjadi bangsa yang merdeka, bebas dari tekanan dan penjajahan asing yang telah dideritanya sejak lama. Dengan kemerdekaan ini, bangsa indonesia berhak mengatur sendiri negaranya serta berusaha sekuat tenaga mempertahankannya dari gangguan bangsa asing.
b). Bangsa Indonesia menjadi pelopor bangsa-bangsa di Asia-Afrika untuk memerdekakan diri dari penindasan bangsa Asing. Bangsa Indonesia merupakan bangsa Asia pertama yang merdeka setelah Perang Dunia II usai. Proklamaso kemerdekaan tanggal 17 agustus 1945, tiga hari setelah Perang Dunia II selesai, dilakukan pada saat itu tepat, yaitu ketika terjadi kekosongan kekuasaan (vacum of power). Hal inimemberi peluang kepada bangsaIndonesia untuk menentukan nasibnya. Hasilnya adalaProklamasi Kemerdekaan yang menandakan bahwa bangsaIndonesia telah terbebasdari segala bentuk ikatan bangsa-bangsa asing.

Oleh karena itu, proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dijadikan sebagai tonggak pembaruan kehidupan bangsa Indonesia di segala bidang kediupan. setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan, para pemimpin beserta rakyat indonesia bersama-bersama terus berjuang membenahi tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Usaha-usaha yang ditempuh di antaranya kehidupan berbangsa dan bernegara. usaha-usaha yang ditempuh di antaranya mengadakan rapat PPKI tanggal 18 agustus 1945 untuk memilih pemimpin negara yaitu presiden dan wakil presiden, menetapkan fondasi/ landasan negara yaitu Undang-undang Dasar 1945 serta membentuk komite Nasional untuk membantu presiden melaksanakan tugasnya. Langkah ini segera dilakukan agar negara yang baru merdeka ini berdiri dengan kokoh dan diakui dunia internasional

selanjutnya, pada tanggal 19 agustus 1945, Presiden memanggil anggota PPKI dan pemimpin pemuda untuk membicarakan pembentukan Komite Nasiona Indonesia Pusat (KNPI), merancang pembentukan 12 Departemen dan menunjuk para menterinya, menentukan pembagian wilayah indonesia menjadi 8 provinsi. Kemudian tanggal 23 agustus 1945 presiden mengumumkan terbentuknya 3 badan bru untuk menopang pemerintahan baru sendiri, yaitu komite Nasional Indonesia (KNI), Partai Nasional Indonesia (PNI), dan Badan keamanan Rakyat ( BKR ).

Demikianlah, Proklamasi Kemerdekaan telah menjadi suatu titik tolak bagi bangsa Indonesia untuk segera bangkit dan membangun mengejar ketertinggalan di berbagai bidang. Dengan k
ebebasan yang dimilikinya sebagai bangsa yang merdeka tidak diperintah bangsa asing, negara Indonesia mempunyai hak untuk memerintah negerinya sendiri demi kemakmuran dan kesajhteraan rakyatnya, tanpa campur tangan bangsa asing. Hal ini menunjukkan bangsa Indonesia sudah bisa berdiri sejajar dengan bangsa lainnya yang merdeka. Lebih jauh lagi, kemerdekaan ini terasa lebih bermakna karena kemerdekaan ini diperoleh melalui usaha sendiri, bukan merupakan hasil pemberian Jepang. Saatnya bagi kita sebagai generasi penerus, untuk memaknai dan mengisi kemerdekan yang telah dipersembahkan para pejuang sesuai dengan perkembangan zaman

No comments:

Post a Comment

Labels