Daftar isi

Tuesday 5 August 2014

CONTOH SKRIPSI "PENINGKATAN LOGIKA BERPIKIR SAINS SISWA MELALUI KONSEP TEKANAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SKRIPSI"

SKRIPSI


Diajukan dalam rangka penyelesaian studi Strata 1
untuk mencapai gelar Sarjana pendidikan
Oleh 
Desi Wulandari
4201401012

2006


ABSTRAK

Desi Wulandari, 2006. “Peningkatan Logika Berpikir Sains Siswa melalui Konsep Tekanan dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw“. Skripsi Jurusan Fisika. Program studi Pendidikan Fisika. Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.
Penelitian tindakan kelas tentang meningkatkan logika berpikir sains melalui pembelajaran tekanan dengan motode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw telah dilaksanakan di MTs Al huda Reban Kab. Batang. Penelitian ini dilaksanakan karena pada kenyataannya logika berpikir sains siswa khususnya fisika masih kurang hnya sampai tingkat pemahaman, hal ini tampak pada hasil ulangan konsep gaya dan percepatan rata-rata 69. Selain itu pengajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui logika berpikir siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar konsep tekanan pada siswa kelas VII MTs Al Huda Reban dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Subjek penelitian adalah siswa kelas VII Mts Al Huda Reban tahun pelajaran 2004/2005 yang sedang menempuh semester II dengan jumlah siswa 40 orang, terdiri dari 24 siswa putra dan 16 siswa putri. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yaitu (afektif, psikomotorik dan kognitif) dan data kualitatif (angket), instrumen yang digunakan adalah tes kognitif, lembar observasi afektif dan psikomotorik, dan lembar angket.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 85% dengan skor rata-rata 70,25, dengan rincian pada C1 mencapai ketuntasan 100%, C2 98% dan C3 88%, aspek afektif rata-rata 72,5 dan aspek psikomotorik rata-rata 73,125. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dengan nilai rata-rata 74, dengan rincian pada C1 mencapai ketuntasan 100%, C2 100% dan C3 97%, aspek afektif rata-rata 75,313 dan aspek psikomotorik rata-rata 75,625.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan logika berpikir sains siswa. Disarankan kepada guru agar mengupayakan penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw pada konsep tekanan atau konsep yang sejenis.
Kata kunci: logika berpikir, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw



HALAMAN PENGESAHAN

            Skripsi ini telah dipertahankan dihadapan sidang Panitia Ujian Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, pada:
Hari : Senin
Tanggal : 27 Februari 2006
Panitia Ujian
                   Ketua Sekretaris                                                                Pembimbing I Anggota Penguji





 Drs. Kasmadi Imam Supardi, M.S Drs. M. Sukisno, M.Si           Drs. Sri Hendratto 1. Dr. Hartono, M.Pd
NIP. 130781011 NIP. 130529522                                                  NIP. 130367992 NIP. 131568878


Pembimbing II 2.                                                                                         Pembimbing III 3                                                                                                     


 Drs. Sri Hendratto                                                                          Drs. Hadi Susanto, M.Si
NIP. 130367992                                                                             NIP. 130819142 NIP. 130819142





DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL ........................................................................ i
ABSTRAK ...................................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN .......................................................... iii
PERNYATAAN ............................................................................... iv
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ................................................... v
KATA PENGANTAR....................................................................... vi
DAFTAR ISI .................................................................................... viii
DAFTAR TABEL ............................................................................ x
DAFTAR GAMBAR ....................................................................... xi
DAFTAR LAMPIRAN ..................................................................... xii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................ 1
A. Latar Belakang Masalah .................................................. 1
B. Perumusan Masalah ........................................................ 3
C. Tujuan Penelitian ............................................................ 4
D. Manfaat Penelitian .......................................................... 4
E. Sistematika Penulisan Skripsi ......................................... 4
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN ...... 6
A. Landasan Teori ................................................................ 6
1. Proses Pembelajaran ................................................ 6
2. Pembelajaran Kooperatif .......................................... 10
3. Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw ....................... 12
viii
ix
4. Logika Berpikir.......................................................... 16
5. Pembelajaran Konsep Tekanan ................................ 19
B. Hipotesis Tindakan ......................................................... 20
BAB III METODELOGI PENELITIAN ......................................... 21
A. Lokasi Penelitian dan Subjek Penelitian ........................ 21
B. Faktor yang diteliti .......................................................... 21
C. Rencana Penelitian .......................................................... 21
D. Prosedur Penelitian ......................................................... 22
E. Teknik Pengumpulan Data .............................................. 28
F. Teknik Analisa Data ........................................................ 28
G. Indikator Kinerja ............................................................. 30
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ................. 31
A. Siklus I ............................................................................ 31
B. Silus II.............................................................................. 34
BAB V PENUTUP............................................................................. 39
A. Simpulan ......................................................................... 39
B. Saran .............................................................................. 39
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................... 40
LAMPIRAN- LAMPIRAN ............................................................... 42
ix
DAFTAR TABEL
Halaman
2.1 Nilai perkembangan individu ................................................ 15
2.2 Jenjang Penghargaan Kelompok............................................... 16
2.3 Tingkat Cognitive Domain ...................................................... 18
4.1 Hasil pretes dan postes pada materi tekanan pada benda padat dan gas ..................................................................................... 31
4.2 Hasil observasi aspek afektif siswa materi tekanan pada benda padat dan gas….............................................................. 32
4.3 Hasil observasi aspek psikomotorik siswa materi tekanan pada benda padat dan gas.......................................................... 32
4.4 Hasil angket siswa materi tekanan pada benda padat dan gas.. 34
4.5 Hasil postes siklus I, pretes dan postes materi tekanan pada benda cair ............................................................................... 35
4.6 Hasil observasi aspek afektif siswa materi tekanan pada benda cair ................................................................................. 35
4.7 Hasil observasi aspek psikomotorik siswa materi tekanan pada benda cair.......................................................................... 36
4.8 Hasil angket siswa pada siklus II.............................................. 36
4.9 Hasil analisis postes siklus I ..................................................... 37
4.10 Hasil analisis postes siklus II ................................................... 37
4.11 Nilai rata-rata perkembangan kelompok ............................... 38
x
DAFTAR GAMBAR
Halaman
1. Ilustrasi kelompok jigsaw ..................................................... 13
2. Alur penelitian tindakan kelas ................................................. 27
xi
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
1. Data awal studi siswa ............................................................ 42
2. Perhitungan validitas soal ....................................................... 43
3. Perhitungan reliabilitas soal .................................................... 45
4. Perhitungan tingkat kesukaran soal........................................... 46
5. Perhitungan daya pembeda soal .............................................. 47
6. Hasil analisis uji coba soal ..................................................... 48
7. Silabus .................................................................................... 54
8. Rencana Pembelajaran ............................................................ 55
9. Lembar kerja siswa Siklus I ..................................................... 59
Lembar kerja siswa Siklus II .................................................... 65
Lembar kerja siswa Pengganti ................................................. 71
10. Kisi-kisi soal instrumen tes .................................................... 86
11. Soal-soal instrumen tes ......................................................... 89
12. Kunci jawaban instrumen tes .................................................. 103
13. Lembar observasi siswa (afektif dan psikomotorik) ............... 105
14. Lembar angket ......................................................................... 109
15. Analisis hasil instrumen (kognitif, afektif dan psikomotorik).. 110
16. Tabel perkembangan individu dan kelompok ......................... 122
17. Foto-foto penelitian ................................................................. 123
18. Daftar nama siswa kelas VII MTs Al Huda Reban ................. 126
19. Usulan pembimbing ................................................................. 127
20. Permohonan ijin penelitian ...................................................... 128
21. Surat keterangan telah melaksanakan penelitian ...................... 129
xii
Tabel 1.
Tabel 2.
Tabel 3.
Tabel 4.
Tabel 5.
Tabel 6.
Tabel 7.
Tabel 8.
Tabel 9.
Tabel 10.
Tabel 11.
Tabel 11.
Tabel 12.
Tabel 13.
Tabel 14.
Tabel 15.
Tabel 16.
Tabel 17.
Tabel 18.
Tabel 19.
xiii
1
BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

                 Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari waktu ke waktu semakin pesat, arus globalisasi semakin hebat. Akibat kedua fenomena ini antara lain memunculkan persaingan dalam berbagai bidang kehidupan terutama lapangan pekerjaan. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan adanya mutu pendidikan (Darsono, 2000: 1).
Sains adalah hasil kegiatan manusia berupa pengetahuan, pengalaman melalui proses ilmiah. Tujuan pembelajaran Sains khususnya fisika adalah pembelajaran yang diarahkan pada kegiatan-kegiatan yang mendorong siswa belajar aktif baik fisik, mental intelektual, maupun sosial untuk memahami konsep-konsep fisika. Dalam pelajaran fisika banyak dibahas teori dan hal-hal yang bersifat abstrak sehinga memerlukan kemampuan penalaran yang tinggi dalam pemecahannya, yang menuntut siswa untuk berpikir kreatif. Dalam berpikir kreatif, siswa harus punya keterampilan dan kecakapan yang mencakup kemampuan penalaran, komunikasi dan pemecahan masalah.
Para konstruktivis berpendapat bahwa sebelum pembelajaran di sekolah, siswa telah memiliki konsepsi awal yang diperoleh dari pengalamannya dan siswa memperoleh pengetahuan yang banyak di luar

                  sekolah secara alamiah. Untuk memecahkan masalah pembelajaran yang demikian, perlu dilakukan upaya pengembangan pembelajaran. Pengembangan pembelajaran yang diperlukan saat ini adalah pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika dan sekaligus dapat meningkatkan kreativitas siswa, serta dapat memberikan iklim yang kondusif dalam perkembangan daya nalar siswa.
                    Di MTs Al Huda Reban, pembelajaran konsep tekanan mengalami kesulitan, terlihat dari tingkat pemahaman siswa masih kurang, hanya sampai pada tingkat pemahaman. Serta hasil ulangan harian konsep gaya dan percepatan mempunyai nilai rata-rata 69 . Gaya yang bekerja pada benda dapat menimbulkan perubahan gerak dan (atau) bentuk suatu benda jika gaya yang diberikan atau yang bekerja lebih besar daripada gaya lain yang mempengaruhi benda tersebut, sedangkan tekanan adalah besar gaya yang bekerja pada satu satuan luas (Mangunwiyoto, 2000: 63), sehingga antara konsep gaya dan tekanan saling berkaitan. Pada standar kompetensi kurikulum 2004 disebutkan bahwa pembahasan konsep tekanan memiliki kompetensi dasar dapat mendiskripsikan tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2003: 15).
Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu upaya untuk meningkatakan pemahaman berpikir siswa dalam pembelajaran konsep tekanan di kelas VII MTs Al Huda Reban, dengan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya,

                  bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi ‘mengingat’ jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan masalah dalam kehidupan jangka panjang.
Metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran yang kooperatif dan fleksibel. Pembelajaran tipe jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Dengan demikian, siswa saling tergantung satu dengan yang lainnya dan harus bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan.
Bertolak dari uraian di atas, peneliti tertarik untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika pada konsep tekanan yang berorientasi pada pendekatan keterampilan proses dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.


B. Perumusan Masalah
               Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan timbul permasalahan: Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan logika berpikir sains bagi siswa kelas VII MTs Al Huda Reban pada konsep tekanan.


C. Tujuan Penelitian

              Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian logika berpikir sains dalam konsep tekanan siswa kelas VII MTs Al Huda Reban dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.


D. Manfaat Penelitian   

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi :

1. Siswa dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan kerjasama secara kooperatif akibat proses belajar dalam kelompok yang dilakukan dengan cara bertemu muka dan berdiskusi antar anggota kelompok.
2. Guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk pokok bahasan yang lain.
3. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan pada pihak sekolah untuk memperbaiki pembelajaran, khususnya fisika.


E. Sistematika Penulisan Skripsi

                   Skripsi ini secara garis besar dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: bagian awal, bagian isi dan bagian akhir skripsi.

     1. Bagian Awal

Bagian awal skripsi terdiri dari: halaman judul, abstrak, halaman pengesahan, pernyataan, motto dan persembahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan daftar lampiran.

     2. Bagian Isi

                  BAB I: Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika skripsi.

                 BAB II: Landasan teori dan hipotesis tindakan berisi tentang hal-hal mengenai pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hipotesis.

                  BAB III: Metode Penelitian berisi lokasi penelitian dan subjek penelitian, faktor yang diteliti, rencana penelitian, prosedur penelitian, metode pengumpulan data, teknik analisa data dan indikator kinerja.

                  BAB IV: Hasil penelitian dan pembahasan berisi tentang hasil penelitian dan pembahasan dari hasil penelitian.

                  BAB V: Penutup berisi tentang kesimpulan dan saran.

       3. Bagian Akhir

Bagian akhir skripsi terdiri dari daftar pustaka, lampiran-lampiran dan surat ijin penelitian.



A. Landasan Teori


1. Proses Pembelajaran

                    Pada proses pembelajaran mengandung dua kegiatan yaitu belajar dan pembelajaran, kedua kegiatan tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lain.
Belajar didefinisikan sebagai suatu usaha atau kegiatan yang bertujuan untuk mengadakan perubahan di dalam diri seseorang mencakup perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, ilmu pengetahuan, ketrampilan dan sebagainya. Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa belajar merupakan suatu usaha perbuatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh dengan sistematis, mendayagunakan semua potensi yang dimiliki baik fisik, mental dan dana. Aspek fisik meliputi panca indera, otak dan anggota tubuh lainnya, sedangkan aspek mental dan kejiwaan berupa intelegensi, bakat, motivasi, minat dan sebagainya (Dalyono, 1997: 49).
                  Selain kegiatan belajar, proses pembelajaran atau proses belajar mengajar mengandung kegiatan pembelajaran. Menurut Darsono (2000: 24), pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik. Pembelajaran dilakukan bertujuan untuk membantu siswa agar memperoleh berbagai pengalaman dan dengan pengalaman itu tingkah laku siswa bertambah baik kuantitas maupun kualitas. Tingkah laku ini meliputi pengetahuan, ketrampilan dan norma yang berfungsi sebagai pengendali sikap dan perilaku siswa.
Dalam kegiatan belajar ada suatu tujuan yang dicapai yaitu hasil belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar (Darsono, 2000: 27-30) yaitu :

a. Kesiapan belajar
                Kesiapan fisik maupun psikologis merupakan kondisi awal suatu kegiatan belajar, Sikap guru yang penuh pengertian dan mampu menciptakan situasi kelas yang menyenangkan merupakan implikasi dari prinsip belajar kesiapan ini.

b. Perhatian
               Perhatian adalah pemusatan tenaga psikis tertuju pada objek. Belajar sangat membutuhkan perhatian dari siswa yang belajar.

c. Motivasi

                 Motif adalah kekuatan yang terdapat dalam diri seseorang yang mendorong orang tersebut melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Motivasi adalah motif yang sudah menjadi aktif, saat orang melakukan aktivitas.

d. Keaktifan siswa
                  Siswa harus aktif, mampu mencari, menemukan dan menggunakan pengetahuan yang dimilikinya.

e. Mengalami sendiri

                   Siswa yang belajar dengan melakukan sendiri akan memebrikan hasil belajar yang lebih cepat dan pemahaman yang lebih mendalam.

f. Pengulangan
                   Dengan mengulang-ulang materi yang dipelajari, materi tersebut makin mudah diingat.

g. Balikan dan penguatan

                   Dengan balikan, siswa mengetahui sejauh mana kemampuannya, kekuatan dan kelemahannya. Penguatan (reinforcement) adalah suatu tindakan yang menyenangkan dari guru terhadap siswa yang telah berhasil melakukan suatu tindakan belajar.

                   Karakteristik yang berbeda baik fisik maupun tingkat kemampuan minat belajar perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran agar perkembangan siswa tetap berlangsung baik sesuai dengan kemampuan masing-masing.
                     Proses pembelajaran dapat berlangsung apabila ada interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa. Menurut Vygotsky belajar merupakan suatu perkembangan pengertian. Komunikasi verbal dengan orang dewasa atau orang yang dianggap lebih mengetahui akan mengembangkan pengertian tersebut. Seperti halnya pandangan konstruktivis sosiokultur, Vygotsky menekankan pentingnya keaktifan seseorang dalam belajar. Teori kontruktivis Vygotsky memanadang bahwa fungsi kognisi manusia berkembang dari interaksi sosial masing-masing individu dalam konteks budaya, interaksi sosial khususnya melalui dialog dan komunikasi verbal berpengaruh terhadap pembelajaran seseorang (Suparno, 1996: 45-46). Penganut paham konstruktivis menekankan pentingnya interaksi dengan teman sebaya melalui pembentukan kelompok belajar. pada saat berinteraksi dengan teman sebaya siswa akan mengalami gangguan informasi, sehingga memakasa siswa untuk mengadaptasikan pemahamannya agar sesuai dengan informasi yang diterima, dengan menjelaskan pengetahuannya pada siswa lain, sekaligus menguji kesesuaian pemahamannya. Saat siswa mencoba memahami penjelasan temannya, individu tertantang untuk menyesuaikan pemahaman dengan informasi yang diterimanya ke dalam struktur kognitif yang sudah dimilikinya.
                Dalam proses pembelajaran tugas pengajar adalah membantu seseorang untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Mengajar bukanlah mentransfer pengetahuan dari orang yang sudah tahu kepada yang belum tahu, dalam hal ini penyediaan prasarana dan situasi yang memungkinkan dialog secara kritis perlu dikembangkan. Tugas pengajar lebih sebagai mitra yang aktif bertanya, untuk merangsang penalaran siswa dengan membiarkan siswa mengungkapkan gagasan dan konsepnya.

                Dalam pembelajaran seringkali kelas didominasi oleh siswa pandai, sedangkan kelompok sedang apalagi kelompok kurang pandai tidak begitu nampak perananya dalam pembelajaran, sehingga perlu usaha untuk melibatkan ketiga kelompok ini untuk ikut serta dalam proses pembelajaran. Cara yang lebih efektif yaitu melibatkan seluruh anggota kelompok dalam kegiatan pembelajaran, cara tersebut lazim dikenal dengan pembelajaran kooperatif.

2. Pembelajaran Kooperatif 

                Metode pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode (strategi) pembelajaran di mana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Dalam menyelesaikan tugas kelompok, setiap anggota saling bekerja sama dan saling membantu untuk memaham suatu bahan pembelajaran. Selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan materi dan saling membantu teman sekelompok mencapai ketuntasan.
               Pada pembelajaran kooperatif, guru berperan membantu siswa untuk mengembangkan ketrampilan melalui interaksi dengan kelompok. Pembelajaran kooperatif memupuk pembentukan kelompok kerja dengan lingkungan positif, meniadakan persaingan individu dan isolasi di lingkungan akademik. Tiga konsep utama karakteristik pembelajaran kooperatif menurut Slavin (1995: 5) adalah penghargaan kelompok, pertanggungjawaban individu dan kesempatan yang sama untuk berhasil.

                 Pembelajaran kooperatif menggunakan tujuan-tujuan kelompok untuk memperoleh penghargaan kelompok. Penghargaan kelompok diperoleh jika mencapai skor di atas kriteria yang ditentukan . Keberhasilan kelompok tergantung dari pembelajaran setiap anggota kelompok. Pertanggungjawaban tersebut menitikberatkan pada aktivitas anggota kelompok yang saling mendukung, saling membantu dan saling peduli. Pembelajaran kooperatif menggunakan metode penilaian untuk menentukan nilai perkembangan individu yang didasarkan pada peningkatan nilai pre tes yang diperoleh siswa, sehingga setiap siswa baik yang berprestasi rendah, sedang atau tinggi memperoleh kesempatan yang sama untuk berhasil dan berbuat sesuatu yang baik bagi kelompok. Lie (2002:30-36) menyebutkan ada lima unsur model pembelajaran kooperatif menurut Roger dan David, yaitu:


a. Saling ketergantungan positif

Untuk menciptakan kelompok kerja yang efektif, setiap anggota kelompok harus menyelesaikan tugasnya sendiri sehingga anggota lain dapat mencapai tujuan.

b. Tanggung jawab perseorangan
Tugas dan pola penilaian menurut prosedur model pembelajaran cooperative learning memacu siswa merasa bertanggung jawab untuk melakukan yang terbaik.

c. Tatap muka
Kesempatan untuk bertemu muka dan berdiskusi, akan membentuk sinergi yang menguntungkan semua anggota. Hasil pemikiran beberapa orang akan lebih sempurna daripada hasil pemikiran satu orang.

d. Komunikasi antar anggota
Keberhasilan suatu kelompok tergantung pada kesadaran setiap anggotanya untuk saling mendengarkan dan saling mengutarakan pendapat.

e. Evaluasi proses kelompok
Proses kerja kelompok dan hasil kerja sama perlu dievaluasi sehingga pada tahap selanjutnya dapat terjalin kerjasama yang efektif.



3. Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw

             Metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran yang kooperatif dan fleksibel. Pembelajaran tipe jigsaw didesain untuk meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran sendiri dan pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Dengan demikian, siswa saling tergantung satu dengan yang lainnya dan harus bekerja sama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan.

          Tipe jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran di mana siswa belajar secara kelompok / tim, yang beranggotakan 4 sampai 6 orang siswa yang heterogen. Materi pembelajaran diberikan kepada siswa dalam bentuk teks. Setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari bagian tertentu bahan yang diberikan itu, kemudian mengajarkan materi tersebut kepada teman sekelompoknya yang lain (Ibrahim, 2000: 22). Pada metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli digambarkan sebagai berikut:
            Keterangan ilustrasi kelompok jigsaw: Para anggota dari kelompok asal yang berbeda bertemu dengan topik yang sama dalam kelompok ahli untuk berdiskusi dan membahas materi yang ditugaskan pada masing-masing anggota kelompok serta membantu satu sama lain untuk mempelajari topik mereka tersebut. Kelompok Asal A1 B1 C1D1E1 A2 B2 C2D2E2 A3 B3 C3D3E3 A4 B4 C4D4E4 A5 B5 C5D5E5 A1 A2 A3A4A5 Kelompok Ahli Gambar.1 Ilustrasi Kelompok Jigsaw IIIIIIIVVIIIKembali ke kelompok asal
Setelah pembahasan selesai, para anggota kelompok kemudian kembali pada kelompok semula (asal) dan berusaha mengajarkan pada teman sekelompoknya, apa yang telah mereka dapatkan pada saat pertemuan di kelompok ahli.

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebagai berikut:



                a. Persiapan


 1) Materi

 Materi pembelajaran tipe jigsaw dirancang sedemikan rupa untuk pembelajaran secara berkelompok. Selama mengajarkan materi pembelajaran, dibuat lembar kerja siswa yang akan dipelajari oleh siswa dalam kelompok kooperatif.


2) Menetapkan siswa dalam kelompok

Kelompok-kelompok pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok asal dan kelompok ahli.
Kelompok asal dalam hal ini beranggotakan 4-6 orang, yang terdiri dari siswa pandai, sedang dan rendah. Selain itu guru memperhatikan kriteria heteroginitas lainnya, misalnya jenis kelamin dan latar belakang sosial.


                b. Tahap Pembelajaran (Presentasi Pembelajaran)

Pelajaran dalam metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada siswa dan memotivasi siswa untuk belajar. Langkah ini diikuti dengan

penyampaian informasi sering dalam bentuk teks. Selanjutnya siswa diorganisasi dalam kelompok-kelompok belajar. Para anggota dari kelompok yang berbeda, dengan topik yang sama bertemu untuk berdiskusi (antar ahli) saling membantu satu sama lainnya, tentang topik pembelajaran yang ditugaskan pada mereka. Kemudian siswa-siswa itu kembali ke kelompoknya masing-masing untuk menjelaskan kepada anggota kelompoknya tentang apa yang mereka pelajari sebelumnya.


            c. Evaluasi Mandiri

Setelah selesai menjelaskan pembelajaran, siswa harus menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama bekerja dalam kelompok dengan menggunakan prestasi belajar secara individual. Hasil dari tes hasil belajar, digunakan sebagai nilai perkembangan individu dan menentukan skor kelompok.
Tabel 2.1
Nilai perkembangan individu
Skor Tes
Nilai Perkembangan
Lebih dari 10 poin di bawah skor awal
5
1 hingga 10 poin di bawah skor awal
10
Skor awal sampai 10 poin di atas skor awal
20
Lebih dari 10 poin di atas skor awal
30
Nilai sempurna (tidak berdasarkan skor awal)
30

(Slavin, 1995: 80)


           d. Tahap Perkembangan Kelompok

                 Setelah melakukan tes dan perhitungan nilai perkembangan individu dilakukan perhitungan nilai kelompok dengan cara menjumlahkan nilai individu setiap anggota kelompok dibagi dengan jumlah anggota.
16
Tabel 2.2
Jenjang penghargaan kelompok
Kriteria (nilai rata-rata)
Penghargaan
15
GOODTEAM
20
GREATTEAM
25
SUPERTEAM
(Slavin, 1995: 80)
                   e. Menghitung Ulang Skor

         Setelah satu siklus penilaian, dilakukan perhitungan ulang skor evaluasi sebagai skor awal baru siswa.



4. Logika Berpikir
Logika berasal dari bahasa Yunani dari kata sifat ‘logika’ yang berhubungan dengan kata benda ‘logos’ yang berarti perkataan atau kata yang manifestasi dari pikiran manusia. Dengan demikian terdapatlah suatu jalinan kuat antara pikiran dan kata yang dimanifestasikan dalam bahasa. Secara etimotologis dapatlah diartikan bahwa logika itu ilmu yang mempelajari pikiran yang dinyatakan dalam bahasa (Burhanudin, 1988:1).
Logika sebagai istilah berarti suatu metoda atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan penalaran. Penalaran adalah suatu bentuk pemikiran (R.G. Soekadijo, 1994: 3).
Dengan berpikir atau bernalar, merupakan suatu bentuk kegiatan akal/ratio manusia dengan mana pengetahuan yang kita terima melalui panca indera diolah dan ditujukan untuk mencapai suatu kebenaran.
Aktivitas berfikir adalah berdialog dengan diri sendiri dalam batin yang manifestasinya ialah mempertimbangkan, merenungkan, menganalisis, menunjukkan alasan-alasan, membuktikan sesuatu, menggolong-golongkan, membanding-bandingkan, menarik kesimpulan,
17
meneliti suatu jalan pikiran, mencari kausalitasinya, membahas secara realitas dan lain-lain. Di dalam aktivitas berpikir itulah ditunjukkan dalam logika wawasan berpikir yang tepat atau ketepatan pemikiran/kebenaran berpikir yang sesuai dengan penggarisan logika yang disebut berpikir logis.
Suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan pengetahuan disebut penalaran. Pada hakekatnya manusia itu adalah makhluk yang berpikir, bernalar, beremosi, bersikap dan beramal. Sikap dan pengalamannya bersumber pada pengetahuannya melalui aktifitas berpikir, bernalar dan beremosional.
Berpikir adalah suatu aktivitas untuk menemukan pengetahuan yang benar aktivitas proses berpikir manusia guna menghasilkan pengetahuan yang berbeda-beda. Jadi, setiap jalan pikiran manusia memiliki kriteria kebenaran sebagai landasan bagi proses penemuan kebenaran itu. Berpikir merupakan suatu proses mental dalam membuat reaksi, baik terhadap benda, tempat, orang maupun peristiwa. Kemampuan berpikir banyak ditunjang oleh faktor latihan (Burhanudin, 1998: 2-8).
Taksonomi Bloom’s pada dasarnya adalah taksonomi tujuan pendidikan, yang menggunakan pendekatan psikologik, yakni pada dimensi psikologik apa yang berubah pada peserta didik setelah ia memperoleh pendidikan itu. Bloom’s membagi tujuan belajar pada tiga domain, yaitu cognitive domain, affektif domain dan psycho-motor domain.

Aspek kognitif atau lebih dikenal dengan kemampuan berpikir, meliputi kemampuan meghafal, kemampuan memahami, kemampuan menerapkan, kemampuan menganalisis, kemampuan mensintesis dan kemampuan mengevaluasi. Kemampuan yang penting pada aspek kognitif adalah kemampuan menerapkan konsep-konsep untuk memecahkan masalah yang ada di kehidupan. Kemampuan ini sering disebut pula dengan kemampuan menstransfer pengetahuan ke berbagai situasi dengan konteksnya (Priatingsih, 2004: 3).
Tabel 2.3
Tingkat Cognitive Domain
Tingkat/hasil belajar
Ciri-cirnya
Ingatan (Knowledge)
• Jenjang belajar terendah
• Kemampuan mengingat kata-kata
• Kemampuan menghafalkan rumus, definisi, prinsip, prosedur
• Dapat mendiskripsikan.
Pemahaman (Comprehension)
• Mampu menerjemahkan (pemahaman terjemahan)
• Mampu menafsirkan, mendiskripsikan secara verbal
• Pehaman ektrapolasi
• Mampu membuat estimasi
Aplikasi (Application)
• Kemampuan menerapkan materi pelajaran dalam situasi baru
• Kemampuan menetapkan prinsip atau generalisasi pada situasi baru
• Dapat menyusun problema-problema sehingga dapat menetapkan generalisasi
• Dapat mengenali hal-hal yang menyimpang dari prinsip dan generalisasi
• Dapat mengenali fenomena baru dari prinsip dan generalisasi
• Dapat meramalkan sesuatu yang akan terjadi berdasarkan dari prinsip dan generalisasi
• Dapat menentukan tindakan tertentu berdasarkan dari prinsip dan generalisasi
19
• Dapat menjelaskan alasan penggunaan prinsip dan generalisasi
Analisis (Analysis)
• Dapat memisahkan suatu integritas menjadi unsur-unsur, menghubungkan antar unsur, dan mengorganisasikan prinsip-prinsip
• Dapat mengklasifikasikan prinsip-prinsip
• Dapat meramalkan sifat-sifat khusus tertentu
• Meramalkan kualitas/kondisi
• Mengetengahkan pola tata hubungan, atau sebab akibat
• Mengenal pola dan prinsip-prinsip organisasi materi yang dihadapi
• Meramalkan dasar sudut pandangan atau kerangka acuan dari materi
Sintesis (Syntesis)
• Menyatukan unsur-unsur, atau bagian-bagian menjadi satu keseluruhan
• Dapat menemukan hubungan yang unik
• Dapat menentukan langkah yang konkrit
• Dapat mengabstraksikan suatu gejala, hipotesa, hasil penelitian, dan sebagainya
Evaluasi (Evaluation)
• Dapat menggunakan kriteria internal, dan kriteria eksternal
• Evaluasi tentang ketetapan suatu karya/dokumen (kriteria internal)
• Evaluasi tentang keajegan dalam memberikan argumentasi (kriteria internal)
• Menentukan nilai/sudut pandang yang dipakai dalam mengambil keputusan (kriteria internal)
• Membandingkan karya-karya yang relevan (eksternal)
• Mengevaluasi suatu karya dengan kriteria eksternal
• Membandingkan sejumlah karya dengan sejumlah kriteria eksternal
(Thoha, 2001: 28-29)



5. Pembelajaran Konsep Tekanan


                Dalam standar kompetensi SMP dan MTs mata pelajaran sains pengajaran fisika kelas VII, materi tekanan mempunyai standar kompetensi agar siswa dapat menerapkan konsep tekanan dalam penyelesaian masalah sehari-hari. Dari standar kompetensi di atas jelaslah
20
                  bahwa dalam mempelajari konsep tekanan tidak hanya bertujuan agar siswa memperoleh pengetahuan tentang tekanan tetapi juga dituntut mampu menerapkannya dalam penyelesaian masalah sehari-hari. Untuk mecapai tujuan tersebut perlu suatu strategi pembelajaran agar pembelajaran lebih bermakna (Depdiknas, 2003: 15).

B. Hipotesis Tindakan

              Dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pemahaman/logika berpikir siswa terhadap konsep tekanan dapat ditingkatkan sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar fisika pada konsep tekanan siswa kelas VII MTs Al Huda Reban.
21
BAB III
METODE PENELITIAN


A. Lokasi Penelitian dan Subjek Penelitian

              Penelitian tindakan kelas dengan judul “peningkatan logika berpikir sains siswa melalui konsep tekanan dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw“ dilaksanakan sejak bulan mei sampai juni 2005 di MTs Al Huda Reban, dengan subjek penelitian adalah kelas VII dengan jumlah 40 orang siswa terdiri dari 24 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan.


B. Faktor yang Diteliti

Faktor yang diteliti dalam penelitian ini meliputi:

1. Faktor siswa: akan diselidiki kondisi awal siswa dengan menggunakan pre-tes dan menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan postes setelah dilakukan pembelajaran “kooperatif tipe jigsaw“.
2. Faktor pelaksanaan proses pembelajaran: melakukan pengamatan pada saat proses pembelajaran dengan mengamati kondisi kelas dan interaksi antara guru dengan siswa serta antara siswa dengan siswa.


C. Rencana Penelitian

              Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai seperti apa

yang telah didesain dalam faktor yang diteliti. Tiap siklus pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan yaitu:

1. Perencanaan yaitu merencanakan waktu penelitian, penyusunan kisi-kisi dan butir soal, pembuatan RP, menyiapkan media pembelajaran

2. Pelaksanaan tindakan yaitu melaksanakan penelitian tindakan kelas sesuai dengan prosedur tindakan yang diterapkan

3. Observasi yaitu uraian tentang hasil observasi dan penafsiran data hasil pelaksanaan

4. Refleksi yaitu uraian tentang hasil observasi dan evaluasi proses tindakan. Hasil refleksi siklus I digunakan sebagai dasar perbaikan siklus II dan seterusnya
(Priyono, 2000: 10)

D. Prosedur Penelitian

               1. Perencanaan


Kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini adalah sebagai berikut:
a. Menyusun standar kompetensi (lampiran 7)
b. Membuat skenario pembelajaran “Kooperatif Tipe Jigsaw” (lampiran 8)
c. Menyusun pretes dan postes (penyusunan kisi-kisi(lampiran 10) dan penyusunan soal (lampiran 11))
Soal-soal diujicobakan pada 38 siswa kelas II. Hasil uji coba dianalisis validitas, reabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda.
23
1) Validitas
Uji validitas digunakan rumus sebagai berikut (Suherman dan Yaya, 1990: 163): qpsxxttppbi−=γ
Keterangan; px = Rata-rata skor total yang menjawab benar pada butir soal tx = Rata-rata skor total
ts = Standar deviasi skor total
p = Proporsi siswa yang menjawab benar pada setiap butir soal
q = Proporsi siswa yang menjawab salah pada setiap butir soal
Kriteria:
Apabila pbiγ > rtabel, maka butir soal valid.
Hasil analisis validitas soal diketahui bahwa soal yang valid adalah soal no 4, 5, 6, 7, 8, 9, 11, 13, 14, 15, 16, 17, 19, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28, 30, 31, 32, 33, 36, 37, 38, 39, 40, 41, 43, 45, 47, 48, soal yang tidak valid adalah soal no 1, 2, 3, 10, 12, 18, 20, 29, 34, 35, 42, 44, 46, 49, 50 (Lampiran 6).
2) Reabilitas
Rumus yang digunakan adalah sebagai berikut (Suherman dan Yaya, 1990: 189): ()⎟⎟⎠⎞⎜⎜⎝⎛−−⎟⎠⎞⎜⎝⎛−=21111tttsnxnxnnr
24
Keterangan:
n = Banyaknya butir soal tx = Rata-rata skor total
2ts = Varians total
Kriteria:
Apabila r11 > rtabel, maka instrument tersebut reliable.
Hasil analisis diperoleh bahwa r11 > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa semua soal reliabel (lampiran 6).
3) Tingkat Kesukaran
Taraf kesukaran dihitung dengan rumus (Suherman dan Yaya, 1990: 213): BABAJSJSJBJBIK++=
Keterangan:
IK = Indeks kesukaran
JBA = Jumlah yang benar pada butir soal pada kelompok atas
JBB = Jumlah yang benar pada butir soal pada kelompok bawah
JSA = Banyaknya siswa pada kelompok atas
JSB = Banyaknya siswa pada kelomok bawah
Kriteria:
Interval IK
Kriteria
IK = 0,00
0,00 < IK ≤ 0,30
0,30 < IK ≤ 0,70
0,70 < IK ≤ 1,00
IK = 1,00
Terlalu sukar
Sukar
Sedang
Mudah
Terlalu Mudah
25
Hasil analisis tingkat kesukaran soal diketahui bahwa soal dengan kriteria mudah adalah soal no 9, 37 soal dengan kriteria sedang adalah soal no 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 11, 12, 13, 15, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 29, 30, 33, 34, 36, 38, 40, 42, 44, 45, 47, 48, 50 dan soal dengan kriteria sukar adalah soal no 1, 10, 14, 16, 28, 31, 32, 35, 39, 41, 43, 46 dan 49 (lampiran 6).
4) Daya Pembeda
Menghitung uji daya pembeda dengan rumus sebagai berikut (Suherman dan Yaya, 1990: 201): ABAJSJBJBDP−=
Keterangan:
DP = Daya Pembeda
JBA = Jumlah yang benar pada butir soal pada kelompok atas
JBB = Jumlah yang benar pada butir soal pada kelompok bawah
JSA = Banyaknya siswa pada kelompok atas
Kriteria:
Interval DP
Kriteria
DP≤ 0,00
0,00 < DP≤ 0,20
0,20 < DP≤ 0,40
0,40 < DP≤ 0,70
0,70 < DP≤ 1,00
Sangat jelek
Jelek
Cukup
Baik
Sangat Baik
Hasil analisis butir soal diketahui bahwa soal dengan daya pembeda baik adalah soal no 11, 15, 19, 21, 22, 25, 26, 30, 31, 33, 36, 38, 40,
26
45, 47, soal dengan daya pembeda cukup adalah soal no 2, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 13, 14, 16, 17, 18, 23, 24, 27, 28, 29, 32, 34, 39, 41, 42, 43, 48, 49, 50, soal dengan daya pembeda jelek adalah soal no 12, 20, 37, 44, 46, dan soal dengan daya pembeda sangat jelek adalah soal no 1, 3, 10 dan 35 (Lampiran 6).
d. Mendesain pedoman pemantauan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran “Kooperatif Tipe Jigsaw” untuk individu maupun kelompok dengan menggunakan lembar observasi (lampiran 13)
e. Menyusun lembar angket (lampiran 14)
f. Melaksanakan pretes
1) Menganalisis nilai hasil ulangan harian fisika bab gaya dan percepatan sebagai acuan dalam menempatkan siswa pada kelompok asal dan kelompok ahli
2) Menganalisis hasil prates sebagai skor dasar dalam menentukan nilai perkembangan pada siklus pertama
3) Menyusun lembar kerja/tugas bagi siswa
g. Menyiapkan media dan alat bantu yang dibutuhkan
h. Memberikan pengarahan kepada siswa tentang operasional pembelajaran “Kooperatif Tipe Jigsaw”
2. Pelaksanaan msaat m
28
E. Metode Pengumpulan Data
1. Sumber data
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Huda Reban serta lingkungan yang mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
2. Jenis data
Jenis data dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif dan data kualitatif.
3. Cara pengambilan data
a. Data logika berpikir siswa diperoleh dengan menggunakan pretes dan postes setelah proses pembelajaran.
b. Data hasil pengamatan psikomotorik dan afektif siswa diperoleh melalui lembar observasi.
c. Data tanggapan siswa diperoleh melalui lembar angket.
F. Teknik Analisa Data
Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa secara kuntitatif berupa nilai hasil pretes dan postes serta nilai hasil observasi dengan menggunakan statistik deskriptif dan untuk data kualitatif berupa kalimat yang menggambarkan hasil pengamatan observasi selama proses pembelajaran berlangsung.
Analisa data yang telah terkumpul dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Data hasil pretes dan postes
a. Membaca setiap jawaban siswa dan membandingkan dengan kunci jawaban
29
b. Memberikan skor pada hasil pekerjaan pretes dan postes siswa dengan skor yang diberikan 0 dan 1
c. Membandingkan nilai pretes dan postes untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan logika berpikir siswa
2. Data hasil observasi
Data hasil observasi meliputi data pengamatan afektif dan psikomotorik siswa dianalisis dengan menggunakan rumus: 100__xmaksimalskorperolehanskorNilaiΣΣ=
Sedangkan prosentase tiap aspek dari pengamatan afektif dan psikomotorik siswa dianalisis dengan menggunakan rumus: %100________%xsiswaseluruhmaksimalskorperolehansiswaseluruhskorkemampuantiapratarataΣΣ=−(Depdiknas, 2003: 15)
3. Data ketuntasan belajar siswa
Ketuntasan belajar siswa dihitung menggunakan rumus deskriptif prosentase sebagai berikut: %100%xNn=
Keterangan:
% = Prosentase
n = Jumlah skor nilai yang diperoleh dari data
N = Jumlah skor maksimal %100________%xsiswaseluruhmaksimalskorperolehansiswaseluruhskorkemampuantiapratarataΣΣ=−(Mohamad Ali, 1992: 186)
30
4. Merekapitulasi semua hasil perhitungan data dari tahapan 1 dan 2. Nilai rerata dihitung dengan rumus (Sudjana, 1996: 67): NxXΣ=
Keterangan:
X = Nilai rerata
N = Banyaknya siswa
Σx = Jumlah nilai seluruh siswa
G. Indikator Kinerja
Kemampuan berpikir termasuk dalam kemampuan kognitif, maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini menggunakan syarat batas tuntas nilai kognitif siswa yaitu mencapai 65% secara individual dan 85% secara klasikal (suatu kelas dapat dikatakan tuntas belajar jika kelas tersebut minimal 85% siswa telah mencapai ketuntasan belajar kelas) ( Mulyasa, 2004: 99).
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
                  Secara keseluruhan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I pada materi tekanan pada benda padat dan gas, sedangkan pada siklus II pada materi tekanan pada benda cair. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pada setiap siklus disajikan sebagai berikut.
A. Siklus I
           Pada siklus I terjadi kenaikan nilai rata-rata siswa dari 48,25 menjadi 70,25 (tabel 4). Jumlah siswa yang memperoleh skor 65% atau lebih ada 34 siswa dari 40 siswa, prosentase jumlah siswa yang belajar tuntas secara klasikal adalah 85% (tabel 4.1). Dilihat dari prosentase tuntas belajar maka dapat dikatakan pada siklus I ini telah mencapai syarat batas tuntas belajar (lampiran 15).
Tabel 4.1
Hasil pretes dan postes pada materi tekanan pada benda padat dan gas
No
Hasil tes fisika
Pretes
Postes
1
2
Rata-rata nilai tes
Prosentase tuntas belajar
48,25
7,5 %
70,25
85 %
Hasil observasi aktifitas siswa, yaitu afektif dan psikomotorik siswa dalam proses belajar mengajar menunjukkan tingkat yang cukup baik yaitu pada aspek afektif rata-rata 72,5 (tabel 4.2). Hasil tersebut diperoleh dari hasil rata-rata observasi siswa saat kegiatan kelompok yaitu meliputi kerjasama dalam kelompok ahli dan kelompok asal, kedisiplinan, keaktifan menanggapi
31
32
pendapat orang lain, kelengkapan buku referensi dan keaktifan bertanya (lampiran 15).
Tabel 4.2
Hasil observasi aspek afektif siswa materi tekanan pada benda padat dan gas
No
Aspek yang dinilai
Prosentase (%)
1
2
3
4
5
6
Bekerjasama dalam kelompok ahli
Bekerjasama dalam kelompok asal
Kedisiplinan
Keaktifan menanggapi pendapat orang lain
Kelengkapan buku referensi
Keaktifan bertanya
76,25
80
76,25
72,5
74,375
55,625
Rata-rata
72,5
Hasil observasi terhadap siswa pada aspek psikomotorik rata-rata 73,125 (tabel 4.3). Hasil tersebut diperoleh dari hasil rata-rata observasi pada siswa saat melakukan percobaan yaitu meliputi kegiatan mempersiapkan alat, merangkai/memasang alat, mengukur dan membaca hasil pengukuran (lampiran 15).
Tabel 4.3
Hasil observasi aspek psikomotorik siswa materi tekanan pada benda padat dan gas
No
Aspek yang dinilai
Prosentase (%)
1
2
3
4
Mempersiapkan alat
Merangkai/memasang alat
Mengukur
Membaca hasil pengukuran
78,125
76,875
74,375
63,125
Rata-rata
73,125
Pada saat melakukan kegiatan di kelompok ahli, yaitu saat melakukan percobaan dan berdiskusi antar kelompok ahli sudah cukup baik, akan tetapi banyak siswa yang masih belum berani untuk mengungkapkan hipotesis dan masih mengalami kesulitan saat menyimpulkan hasil percobaan.
33
Meskipun mengalami peningkatan skor yang cukup tinggi pada siklus I, akan tetapi ada yang perlu ditingkatkan maka perlu adanya siklus II. Adapun hal yang ditingkatkan pada siklus II dari aspek afektif yaitu kualitas dan kuantitas keaktifan bertanya pada siswa dan pada aspek psikomotorik yaitu pada saat membaca hasil pengukuran. Sesuai dengan pendapat Vigotsky dalam Suparno (1996: 46) bahwa fungsi kognitif dari seseorang akan berkembang dalam kegiatan belajar secara kelompok yaitu berpengaruh besar terhadap pembelajaran anggota kelompok, sehingga keaktifan anggota kelompok dalam belajar akan lebih baik.
Hasil angket siswa menunjukkan bahwa siswa yang tertarik mengikuti pembelajaran sebanyak 90% sedangkan yang tidak tertarik sebanyak 10% dari jumlah siswa. Hal ini dimungkinkan karena siswa merasa dipercaya dan bertanggung jawab untuk mempelajari bagian tertentu bahan yang diberikan itu, kemudian mengajarkan materi tersebut kepada teman sekelompoknya yang lain, akan tetapi masih ada 32,5% siswa yang tidak menyukai suasana kelas dengan alasan suasana yang agak ramai pada saat kerja kelompok, sehingga guru perlu memberikan pengarahan atau penjelasan lebih lanjut tentang tujuan dilakukannya kerja kelompok supaya terjadi suasana saling bertukar pikiran dan komunikasi antar siswa. Dengan diberi pengertian tersebut diharapkan suasana kelas pada saat kerja kelompok dapat lebih terkendali dan tertib.
34
Tabel 4.4
Hasil angket siswa materi tekanan pada benda padat dan gas
No
Keterangan
Prosentase (%)
Jumlah siswa
1
2
3
4
5
6
Sebelumnya mempelajari materi yang akan diajarkan oleh guru
Tidak
Tertarik mengikuti pembelajaran
Tidak
Paham terhadap materi
Tidak
Menyukai suasana kelas
Tidak
Termotivasi dalam mengikuti pembelajaran
Tidak
Meningkatkan keaktifan di kelas
Tidak
12,5
87,5
90
10
77,5
22, 5
67,5
32,5
80
20
62,5
37,5
5
35
36
4
31
9
27
13
32
8
25
15
B. Siklus II
Pada siklus II ini guru mencoba untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada siklus I antara lain dengan memberikan arahan kepada siswa supaya dalam kegiatan percobaan dan diskusi kelompok siswa menjadi lebih aktif dalam mengemukakan pendapat, bertanya, maupun menjawab pertanyaan yaitu dengan menunjuk siswa yang belum pernah mengajukan pendapat ataupun pentanyaan. Dalam kegiatan kelompok ahli yaitu pada saat melakukan percobaan guru mencoba memancing siswa untuk dapat menghipotesis dan menarik kesimpulan dengan memberikan bimbingan dan arahan yang sesuai dengan kejadian kehidupan sehari-hari.
Tindakan pada siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 70,25 pada siklus I menjadi 74 (tabel 4.5) dan jumlah siswa yang memperoleh skor 65% atau lebih ada 36 siswa dari 40 siswa, maka prosentase jumlah siswa yang tuntas belajar secara klasikal dari 85% (pada siklus I)
35
menjadi 90% (Tabel 4.5). Dilihat dari prosentase tuntas belajar maka dapat dikatakan pada siklus II ini telah mencapai syarat batas tuntas belajar (lampiran 15).
Tabel 4.5
Hasil postes siklus I, pretes dan postes materi tekanan pada benda cair
No
Hasil tes fisika
Postes
siklus I
Pretes
siklus II
Postes
siklus II
1
2
Rata-rata nilai tes
Prosentase tuntas belajar
70,25
85 %
48,83
10 %
74
90 %
Hasil observasi aktifitas siswa, yaitu afektif dan psikomotorik siswa dalam proses belajar mengajar menunjukkan peningkatan yaitu pada aspek afektif rata-rata menjadi 75,313 (tabel 4.6). Pada aspek keaktifan bertanya sudah mengalami peningkatan dari 55,625% menjadi 63,75% (lampiran 15).
Tabel 4.6
Hasil observasi aspek afektif siswa materi tekanan pada benda cair
No
Aspek yang dinilai
Prosentase (%)
1
2
3
4
5
6
Bekerjasama dalam kelompok ahli
Bekerjasama dalam kelompok asal
Kedisiplinan
Keaktifan menanggapi pendapat orang lain
Kelengkapan buku referensi
Keaktifan bertanya
79,375
81,25
79,375
73,125
75
63,75
Rata-rata
75,313
Hasil observasi terhadap siswa pada aspek psikomotorik rata-rata menjadi 75,625 (tabel 4.7). Pada aspek membaca hasil pengukuran mengalami peningkatan dari 63,125% menjadi 68,75%. Begitu halnya pada saat kegiatan percobaan siswa mejadi lebih aktif, lebih berani untuk mengungkapkan hipotesis sehingga saat menyimpulkan hasil percobaan lebih tepat (lampiran 15).
36
Tabel 4.7
Hasil observasi aspek psikomotorik siswa materi tekanan pada benda cair
No
Aspek yang dinilai
Prosentase (%)
1
2
3
4
Mempersiapkan alat
Merangkai/memasang alat
Mengukur
Membaca hasil pengukuran
81,25
77,5
75
68,75
Rata-rata
75,625
Hasil angket siswa menunjukkan bahwa siswa yang tertarik mengikuti pembelajaran 95% dan yang menyukai suasana kelas mengalami peningkatan yaitu 67,5% (pada siklus I) menjadi 85% pada siklus II. Aspek-aspek aktifitas siswa menunjukkan perkembangan ke arah yang lebih positif.
Tabel 4.8
Hasil angket siswa pada siklus II
No
Keterangan
Prosentase
(%)
Jumlah siswa
1
2
3
4
5
6
Sebelumnya mempelajari materi yang akan diajarkan oleh guru
Tidak
Tertarik mengikuti pembelajaran
Tidak
Paham terhadap materi
Tidak
Menyukai suasana kelas
Tidak
Termotivasi dalam mengikuti pembelajaran
Tidak
Meningkatkan keaktifan di kelas
Tidak
60
40
95
5
85
15
80
20
87,5
12,5
75
25
24
16
38
2
34
6
32
8
35
5
30
10
37
Hasil postes siklus I dapat diketahui bahwa pada C1 mencapai 100%, C2 98% dan C3 88% (Tabel 4.9).
Tabel 4.9
Hasil analisis postes siklus I
Taraf soal
Jumlah soal
% skor pencapaian
% keberhasilan
C1
C2
C3
C4
C5
C6
4
3
6
4
2
1
400
294
527
154
25
10
100
98
88
39
13
10
Hasil postes siklus II mengalami peningkatan pada C3 yaitu dari 88% menjadi 97% (Tabel 4.10), hal ini menunjukkan bahwa hampir semua siswa telah dapat mencapai C3 (taraf aplikasi).
Tabel 4.10
Hasil analisis postes siklus II
Taraf soal
Jumlah soal
% skor pencapaian
% keberhasilan
C1
C2
C3
C4
C5
C6
1
4
5
2
2
1
100
400
484
93
28
7,5
100
100
97
47
14
7,5
Nilai perkembangan individu dan nilai kelompok pada siklus I diperoleh kelompok yang mendapatkan jenjang goodteam ada 7 kelompok, sedangkan kelompok yang mendapatkan jenjang greatteam ada 3 kelompok. Pada siklus ke II kelompok yang memperoleh jenjang goodteam ada 2 kelompok, jenjang greatteam ada 7 kelompok dan jenjang superteam ada 1 kelompok. Peningkatan jenjang ini didukung adanya hasil observasi siswa yaitu adanya peningkatan aktifitas dan keaktifan siswa saat melakukan kegiatan di kelompok ahli dan kelompok asal serta kegiatan diskusi, juga dari
38
hasil angket dimana siswa sudah banyak yang paham terhadap materi (lampiran 16).
Tabel 4.11
Nilai rata-rata perkembangan kelompok
Jenjang Kelompok
Kelompok
Siklus I
Siklus II
I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
IX
X
Goodteam
Goodteam
Greatteam
Goodteam
Goodteam
Goodteam
Goodteam
Goodteam
Greatteam
Greatteam
Goodteam
Greatteam
Greatteam
Greatteam
Greatteam
Superteam
Greatteam
Goodteam
Greatteam
Greatteam
Dalam kegiatan pembelajaran Jigsaw, siswa kelas VII MTs Al Huda Reban cukup antusias terutama waktu melakukan percobaan dan berdiskusi. Siswa senang melakukan aktifitas karena selama selama proses pembelajaran Jigsaw siswa merasa dipercaya dan bertanggung jawab untuk mempelajari bagian tertentu bahan yang diberikan itu, kemudian mengajarkan materi tersebut kepada teman sekelompoknya yang lain sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan siswa saling tergantung satu dengan yang lainnya dan harus bekerjasama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan yang dapat meningkatkan hubungan dengan sesama siswa menjadi lebih akrab (Ibrahim, 2000: 22).
Hasil siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan logika berpikir siswa, yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa sehingga model pembelajaran Jigsaw dapat diterapkan dalam pembelajaran Fisika.
39
BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
Logika berpikir sains dapat ditingkatkan melalui pembelajaran konsep tekanan dengan metode kooperatif tipe Jigsaw. Peningkatan yang dicapai siswa kelas VII MTs Al Huda Reban mencapai tingkat aplikasi, hal ini ditandai dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 85% pada siklus I dan 90% pada siklus II.
B. Saran
Saran-saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian adalah sebagai berikut:
1. Untuk menarik dan meningkatkan motivasi siswa terhadap pelajaran fisika, maka model pembelajaran kooperatif dapat diterapkan sebagai alternatif lain dari pembelajaran.
2. Untuk memperoleh wawasan dan peningkatan pembelajaran fisika di SMP/MTs guru senantiasa melakukan refleksi diri tentang pembelajaran yang telah dilakukan, dan bersedia menerima kritik baik dari teman seprofesi ataupun dari siswanya. Dari kritik tersebut guru berusaha memperbaiki dan mencari pemecahan terhadap hal-hal yang kurang baik berkaitan dengan proses dan hasil belajar siswa.
3. Akhirnya disarankan kepada peneliti lain untuk mengadakan penelitian lebih lanjut tentang efektifitas model pembelajaran kooperatif lainnya. Di samping itu juga perlu lebih banyak dilakukan penelitian tindakan kelas untuk menerapkan model pembelajaran lain di SMP/MTs
39
40
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Mohamad. 1992. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa Bandung
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Ermawati, Frida Ulfah._____ . Pembelajaran Kooperatif Versi Transparansi. Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negei Surabaya
Kanginan, Marthen. 2003. Fisika SLTP. Jakarta: Erlangga
Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika. Jakarta: Erlangga
Khalim, Abdul. Dkk. 2004. Sains Fisika. Jakarta: Bumi Aksara
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo
Mangunwiyoto, Widagdo. 2000. Pokok-Pokok Fisika SLTP Jakarta: Erlangga
Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Priatiningsih, Titi. 2004. Pengembangan Instrumen penilaian Biologi. Depdiknas
Priyono, Andreas. 2000. Pedoman Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Proyek perluasan dan peningkatan mutu SLTP kantor wilayah Depdiknas Provinsi Jawa Tengah
Rooijakkkors, Ad. 1991. Mengajar dengan Sukses. Jakarta: Grasindo
Salam, Burhanudin. 1988. Logika Formal (Filsafat Berpikir). Jakarta: Bina Aksara
41
Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning. Boston: Allyn Bacon
Soekadijo, RG. 1994. Logika Dasar Tradisional, Simbolik dan Induktif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Suherman, Eman. 1990. Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah
________. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains SMP dan MTs. Depdiknas
________. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Depdiknas

No comments:

Post a Comment

Labels